Microsoft Word - 1.PDF--JUDUL.doc



Similar documents
は そこでの経験を本当に豊かにしてくれるでしょう 珍しい言語を学ぶ人や学術的な嗜好 がある人々にとっては インドネシア語は素晴らしい文学です 言語学的な理由インドネシア語はとても簡単です 学ぶことは貴重な経験で さらにインドネシア語の基本は数週間で学ぶことができます ここにその理由を述べます 時制が

そちらの靴のほうが少しおがこうございます sepatu itu sedikit lebih keren,.,.. 4.k.kerja-U ほど ~ ない = tidak se~/tidak sampai~ k.benda 彼は私ほど走るのが速くない dia larinya tidak secepat

第4課

様式第一(第一条関係)

03IndonesianScript

Slide 1

ABSTRAK Analisis Fungsi dan Makna Verba Utsu dan Tataku dalam kalimat Bahasa Jepang Skripsi ini membahas tentang fungsi dan makna verba Utsu dan Tatak

念校/インドネシア語教科書/解答集/01巻.indd


江 戸 時 代 に 凧 ができるだけ 所 有 し 和 紙 の 価 格 は 非 常 に 高 価 なので 飛 行 機 族 が 使 用 した Parade layang-layang Jepang diadakan setiap tanggal 5 Mei. がつ 5 5 日 本 の

Satuan Acara Perkuliahan

江戸時代 に凧ができるだけ所有し 和紙の価格は非常に高 価なので 飛行機族が使用した Parade layang-layang Jepang diadakan setiap tanggal 5 Mei. がつ 5 5 日本の凧の祭りは 5 月 にち日に毎年開催 まいとしかいさいさ

Microsoft Word JPLampiran001.doc

< 契約条項 /Agreements/Perjanjian> 借主の都合で本契約を 1 年未満で解約した時は損害金として敷金のうちより 1 か月分は返還しない If the renter cancels the contract within less than a year depending o

Microsoft Word

Microsoft Word - tsunami_Jepang-3.doc

Microsoft Word - PERMOHONAN PERMIT MENGAJAR.doc

Gambar 5.Cake Green Tea And Cheese Roll Gambar 6.Cake Triple Choco Roll Gambar 7.Cake Jungle Wild Roll Gambar 8.Cake Watermelon Roll

Nik Safiah.. Kato indeterminatemonumeral countermoadverbials quantifier-likeor focusparticles NPI Kato NPI NPI NPI NPI NPI NPI Kato NPI NPI NPI Kato N

PENSYARAH

スライド 1

つうやく通訳 PENERJEMAH かていほうもん こじんめんだん 家庭訪問 個人面談で にほんご はな 日本語がよく話せないとき つうやく き 通訳に来てもらえることがあります *4-2 まず通訳のことです 家庭訪問や個人面談 また そのほかの 子どもの教育のことについて 日本語があまりできなくて

1-1 環境省へのアンケート内容

<96DA8E9F82902E786C7378>

Anjuran Bilingual Mengapa bagus jika menguasai dua Bahasa? Bilingual adalah orang yang menguasai dua bahasa. Dibandingkan dengan monolingual yang hany

untitled

SM公開講座.PDF

S_C0551 _ _Abstract

PEMBERITAUAN

4

metode deskriptif analisis dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta- fakta yang kemudian dianalisis. Berdasarkan penelitian kepustakaan yang telah

S_C0551_060807_Abstract

要旨 アクバル アヤダナ 2014 年 KANINDO に翻訳されたケイオンアニメ映画の敬称訳 ブラウィジャヤ大学日本語学科 指導教員 :(I) ナディヤ インダ シャルタンティ (II) デウィ プスピタサリ キーワード : 敬称 翻訳 翻訳の方法 翻訳の手法 翻訳の等価 翻訳は比較文化を中心に実

BULLETIN No. PT.KITO-SM PT. KITO INDONESIA Service & Maintenance Lifting Expectations

1. Nama Mata Kuliah : Bunpo 1 2. Kode Mata Kuliah : JEP. 3. Bobot Mata Kuliah : 2 SKS I. Identitas Mata Kuliah 4. Jenis Mata Kuliah : Mata Kuliah Bida

-2-6. Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 18 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Minera


しょうがっこう いちねん いちがっき 1 学期 4 月 5 月 6 月 7 月 しぎょうしき始業式 UPACARA AWAL SEMESTER BARU *3b-3 まず 1 学期 1 学期は4 月から7 月までです 始業式です 学期の始まりの式です 校長先生のお話を聞いたり 新しいクラスの担任の先

日本語の文における 変, おかしい, 変わる の類義語の分析 1. 序論 言語は地球上に住むすべての人が使用するコミュニケーションツー ルであり 様々な特性を持っている 言語の特徴の一つは 言語は普遍的 である 例として 言語には全ての単語において 類語あるいは類義語が ある Badudu(1987

脱退一時金請求書 日本から出国される外国人のみなさまへ Indonesia 脱退一時金は 次のすべての条件に該当するときに請求することができます 国民年金 厚生年金保険又は共済組合の被保険者資格を喪失し 日本に住所を有しなくなった日 から 2 年以内に請求する必要があります 1 日本国籍を有していな

疑わしい取引の参考事例

がっこういちにち学校の一日 げつようび きんようび 月曜日 ~ 金曜日 どようび にちようび 土曜日 ~ 日曜日 *3a-1 日本の学校は月曜日から金曜日までで 土曜日 日曜日はお休みです Hari sekolah di Jepang adalah hari Senin sampai hari Ju

学校法人日本医科大学利益相反マネジメント規程

Microsoft PowerPoint - エントリー04_結婚TextVoice

INVESTOR Investor from Japan, DSJ Holding Inc. meet Riau Governor and Vice Governor, Thursday (2/11). They expressed to interest in process EFB and OP

~Q ~Q 深 い I~\の 傷 人 を I~\から 信 用 する 事 は 無 く 成 りました 現 在 でち!ただ 私 自 身 は 伺 事 に ち 誠 実 でありだいと I~\がけています 他 人 に 伺 か 手 を 貸 す 事 が 育 っても あり þ~とうの 言 葉 は 期 待 しなく 成 り

PTA

Juli 2017 No Website : 2 日イ比較文化考 Perbandingan budaya antara Indonesia Jepang 職場における日本人上司とインドネシア人

ABSTRAK

P38-P42.indd

鹿 児 島 厚 生 年 金 事 案 600 第 1 委 員 会 の 結 論 申 立 人 は 申 立 期 間 に 係 る 脱 退 手 当 金 を 受 給 していないものと 認 められるこ とから 申 立 期 間 に 係 る 脱 退 手 当 金 の 支 給 の 記 録 を 訂 正 することが 必 要 で

序論 日本語には助詞という品詞があり 助詞は文中で語の働きを示す意味をもつため 助詞の使用が重要である 助詞は様々あり その一つには接続助詞がある Tomita Takayuki (1998:68) によると 接続助詞は文の節と節を接続する助詞で 主に用言に付く この研究は接続助詞としてテ形とシを解

君 聞 着 捨 周 見 黒 埋 尽 所 華 彩 心 陣 取 げ 楽 見 浮 酷 浮 酷 光 景 君 顔 走 回 私 振 回 彼 ク ム ド メ カ 彼 教 室 寂

Q1 4 月 から 児 童 手 当 の 支 給 額 はどうなるのですか? Q2 児 童 手 当 には 所 得 制 限 が 設 けられるとのことですが 具 体 的 な 基 準 はどのよう になるのですか? Q3 4 月 以 降 児 童 手 当 を 受 け 取 るためには 手 続 きが 必 要 ですか?

様 工 作 プラン( 専 属 担 当 者 : 神 崎 ) 事 前 調 査 結 果 /2 週 間 で 計 6 回 の 調 査 を 行 った 結 果 これまでご 報 告 したよう に 対 象 者 の 行 動 パターン 及 び 性 格 や 人 間 性 また 第 二 対 象 者 との 関 係 について も

2. ど の 様 な 経 緯 で 発 覚 し た の か ま た 遡 っ た の を 昨 年 4 月 ま で と し た の は 何 故 か 明 ら か に す る こ と 回 答 3 月 17 日 に 実 施 し た ダ イ ヤ 改 正 で 静 岡 車 両 区 の 構 内 運 転 が 静 岡 運

Microsoft Word - 【溶け込み】【修正】第2章~第4章

平成28年(2016年)熊本地震に関するQ&A

の 購 入 費 又 は 賃 借 料 (2) 専 用 ポール 等 機 器 の 設 置 工 事 費 (3) ケーブル 設 置 工 事 費 (4) 防 犯 カメラの 設 置 を 示 す 看 板 等 の 設 置 費 (5) その 他 設 置 に 必 要 な 経 費 ( 補 助 金 の 額 ) 第 6 条 補

<96DA8E9F82902E786C7378>

平成16年度

いい夫婦の日2013年度アンケート

起 業 や 情 報 起 業 をして 儲 けたいのだけれど どうすれば 儲 かるか また ホームページの 何 をチェックすればいいのか 現 役 プロが あなたにそっと 教 えます もし あなたが 本 気 で 儲 けたいのであれば ひとりで ゆっくり じっくりと 読 んでくださいね Copyright

< F2D8E518D6C B83678C8B89CA >

(3) 育 児 休 業 (この 号 の 規 定 に 該 当 したことにより 当 該 育 児 休 業 に 係 る 子 について 既 にし たものを 除 く )の 終 了 後 3 月 以 上 の 期 間 を 経 過 した 場 合 ( 当 該 育 児 休 業 をした 教 職 員 が 当 該 育 児 休 業

こむにかし KOMUNIKASI I J PT. INDUSTRIAL SUPPORT SERVICES INDONESIA Mei 2019 No Website : 1 tel. (021

"Miyazaki City" into the Google search box. Some of images revealed the city landscape, that Miyazaki was a modern and quiet city. A moment later, I t

Maret 2017 No Website : 2 日イ比較文化考 Perbandingan budaya antara Indonesia Jepang 職場における日本人上司とインドネシア

newA5_cover_ind

- 目 次 - 1 被 害 状 況 (1) 特 殊 詐 欺 ( 全 体 ) 1 (2) オ レ オ レ 詐 欺 4 (3) 架 空 請 求 振 り 込 め 類 似 詐 欺 6 (4) 還 付 金 等 詐 欺 9 2 検 挙 状 況 ( 都 内 ) (1) 本 犯 11 (2) 検 挙 被 疑 者 の

調 査 概 要 表 題 : 父 と 娘 のバレンタイン 意 識 調 査 調 査 主 体 : 森 永 製 菓 株 式 会 社 調 査 方 法 :アンケート 調 査 (インターネット 調 査 による) 調 査 機 関 :2006 年 12 月 5 日 ( 火 )~6 日 ( 水 ) 調 査 対 象 :

こむにかし KOMUNIKASI I J PT. INDUSTRIAL SUPPORT SERVICES INDONESIA Oktober 2019 No Website : 1 tel.

<4D F736F F D CF322D33817A95DB8CEC8ED292B28DB881698A6D816A2E646F63>


Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa terhadap Penggunaan Jodoushi ~Souda dan ~Rashii sebagai Denbun No Hyougen ABSTRAK Kania Srirahayu Penelit

Agustus 2017 No Website : 2 日イ比較文化考 Perbandingan budaya antara Indonesia Jepang 職場における日本人上司とインドネ

為 が 行 われるおそれがある 場 合 に 都 道 府 県 公 安 委 員 会 がその 指 定 暴 力 団 等 を 特 定 抗 争 指 定 暴 力 団 等 として 指 定 し その 所 属 する 指 定 暴 力 団 員 が 警 戒 区 域 内 において 暴 力 団 の 事 務 所 を 新 たに 設

二 学 期 入 少 ず 幅 広 世 代 達 異 性 対 す 情 考 方 差 異 見 何 ももそ 当 前 で 心 すべ 場 面 おも 教 師 等 促 さ 形 式 的 言 動 もあ そで 以 下 項 目 アンケート 行 ( 平 成 27 年 9 月 1 日 実 施 ) 1,あ 伝 場 面 でそ 素 直

特別徴収封入送付作業について

DATA SHUUJOSHI NA JUMLAH 44 DATA 1. Teori Dari Moriyama (1998 :174) (1) Mengungkapkan kesan dan rasa takjub NO SHUUJOSHI KALIMAT BAHASA JEPANG 1 な くちゅ

Saya kurang mengerti. 余り良くわからない ( 理解できない ) のですが サヤクーらンムングるティ Saya ngantuk, karena (saya) kurang tidur. 寝不足なので ぼくは眠いよ サヤがントッ ( ク ) カレナクーランティドゥール 21.6 過

(1) 3 8 (2) (3) 3 (1) ( ) 3 8

Taro-別紙1 パブコメ質問意見とその回答

特 別 徴 収 制 度 とは 市 県 民 税 の 納 め 方 のひとつです 従 業 員 の 市 県 民 税 を 事 業 主 が 毎 月 給 与 から 天 引 きし 従 業 員 に 代 わって 市 に 納 める 制 度 です 所 得 税 の 源 泉 徴 収 に 対 応 するものが 市 県 民 税 では

<4D F736F F D B4B96F15F8B ED293AF88D38E968D DC58F49816A E646F6378>

第 9 条 の 前 の 見 出 しを 削 り 同 条 に 見 出 しとして ( 部 分 休 業 の 承 認 ) を 付 し 同 条 中 1 日 を 通 じて2 時 間 ( 規 則 で 定 める 育 児 休 暇 を 承 認 されている 職 員 については 2 時 間 から 当 該 育 児 休 暇 の

☆6限目 脅威と情報資産!?

納品労働者アンケート結果_0331納品版

(2) 勤 続 5 年 を 超 え 10 年 までの 期 間 については 勤 続 期 間 1 年 につき 本 俸 月 額 の100 分 の140 (3) 勤 続 10 年 を 超 え 20 年 までの 期 間 については 勤 続 期 間 1 年 につき 本 俸 月 額 の100 分 の180 (4)

nama KEDOKTERAN BAGIAN DALAM Beri tanda pada jawaban dari pertanyaan. laki-lak tahun bulan tanggal perempuan tanggal lahir alamat tahun bulan hari tel

回 答 Q3-1 土 地 下 落 の 傾 向 の 中 固 定 資 産 税 が 毎 年 あがるのはなぜですか? 質 問 : 土 地 下 落 の 傾 向 の 中 土 地 の 固 定 資 産 税 が 毎 年 あがるのはなぜですか? 答 : あなたの 土 地 は 過 去 の 評 価 替 えで 評 価 額 が

一 時 払 いの 終 身 保 険 を 掛 ける 人 のデータ 一 時 払 いの 終 身 保 険 を 掛 ける 前 の 相 続 財 産 のデータから 課 税 される 相 続 税 をシミュレーションします 被 相 続 人 と 相 続 人 相 続 財 産 債 務 と 葬 式 費 用 のデータ 法 定 相

昨 年 今 年 退 職 した< 雇 用 保 険 に 関 すること> 1. 雇 用 保 険 ( 失 業 給 付 )を 受 給 予 定 (または 受 給 している) 雇 用 保 険 受 給 資 格 証 のコピー ( 退 職 日 基 本 日 額 処 理 状 況 のわかる 面 ) 日 額 3,611 円 未

別 紙 軽 費 老 人 ホームの 収 入 認 定 について 平 成 22 年 3 月 9 日 千 葉 県 健 康 福 祉 部 高 齢 者 福 祉 課 本 紙 は 平 成 18 年 1 月 24 日 老 発 第 号 厚 生 労 働 省 老 健 局 長 通 知 老 人 保 護 措 置 費

Taro-2220(修正).jtd

第1号様式


Taro-契約条項(全部)

発 覚 理 由 違 反 態 様 在 日 期 間 違 反 期 間 婚 姻 期 間 夫 婦 間 の 子 刑 事 処 分 等 1 出 頭 申 告 不 法 残 留 約 13 年 9 月 約 9 年 11 月 約 1 年 10 月 2 出 頭 申 告 不 法 入 国 約 4 年 2 月 約 4 年 2 月 約

Iwai bagi orang yang berusia 66 tahun (Gareki), usia 70 tahun (Kouki), usia 88 (Maiju), dan usia 99 (Hakuju). Kematian diartikan sebagai suatu keadaan

Transcription:

57 Lampiran 1: Sinopsis Novel Ronggeng Dukuh Paruk: Catatan Buat Emak berkisah tentang likaliku kehidupan seorang ronggeng muda bernama Srintil. Saat masih berusia lima bulan Srintil telah ditinggal mati orangtuanya. Tragedi tempe bongkrek membuat Srintil dan banyak anak Dukuh Paruk lainnya kehilangan ayah-ibu. Bencana ini bermula dari tempe bongkrek yang dijual oleh ayah Srintil, yaitu Santayib. Tempe itu ternyata beracun dan menewaskan beberapa warga yang memakannya. Santayib dituduh sebagai biang keladinya. Oleh karena tidak tahan dengan segala tudingan dari warga Dukuh Paruk, Santayib yang telah kehilangan akal sehat memutuskan untuk memakan tempe bongkrek beracun itu, demi membuktikan bahwa dagangannya aman untuk dimakan. Didorong oleh rasa setia kawan, istri Santayib pun ikut menelan tempe bongkrek buatan suaminya hingga mengakibatkan pasangan suami istri itu menemui ajal. Semenjak saat itu, Srintil yang telah menjadi yatim piatu diasuh oleh kakek-neneknya, Sakarya dan Nyai Sakarya. Srintil memiliki teman sebaya bernama Rasus, usia mereka hanya terpaut tiga tahun. Sama seperti Srintil, orangtua Rasus pun terkena malapetaka tempe bongkrek. Rasus yang sebatang kara tumbuh besar dibawah asuhan sang nenek. Jika ayah Rasus langsung meninggal setelah keracunan, tidak demikian dengan ibunya. Keberadaan perempuan itu masih menjadi misteri sampai sekarang. Setelah dibawa ke poliklinik karena keracunan tempe bongkrek, ibunya tidak pernah pulang kembali ke Dukuh Paruk. Tidak ada seorangpun yang mengetahui apakah ibu Rasus masih hidup atau sudah mati. Maka kepada Srintillah, Rasus mencari gambaran ideal seorang ibu. Bagi Rasus, Srintil menjadi cermin dimana ia bisa melihat bayang-bayang ibunya. Tetapi jelas, penampilan Srintil membantuku mewujudkan angan-anganku tentang pribadi perempuan yang telah melahirkanku (Tohari 2004: 45). Itulah sebabnya mengapa Rasus menjadi satusatunya warga Dukuh Paruk yang tidak senang melihat Srintil dinobatkan menjadi ronggeng. Karena Rasus tidak akan bisa melihat lagi gambaran seorang ibu dalam diri Srintil. Berbeda dengan Rasus, bagi Dukuh Paruk hidup terasa hambar tanpa adanya ronggeng. Oleh karena itu, semua orang menyambut gembira ketika

58 mengetahui bahwa Srintil telah mendapat indang atau semacam wangsit yang dimuliakan dalam dunia peronggengan. Srintil dipercaya untuk lahir dengan mengemban tugas sebagai seorang ronggeng setelah ronggeng terakhir di Dukuh Paruk mati sebelas tahun yang lalu. Oleh Sakarya, Srintil diserahkan kepada keluarga Kartareja untuk dididik layaknya seorang ronggeng. Kartareja adalah seorang dukun ronggeng, bersama istrinya mereka berdua memberikan bermacam-macam susuk dan pekasih kepada Srintil untuk membuat gadis itu menjadi ronggeng tenar. Srintil juga harus menjalani beberapa tahapan sebelum ia dinobatkan menjadi ronggeng secara sah. Salah satu tahapan itu adalah malam bukak-klambu. Ini adalah semacam sayembara memperebutkan keperawanan calon ronggeng, semua laki-laki boleh ikut serta asalkan bersedia membayar sejumlah uang yang telah ditentukan. Pada malam bukak-klambu ini Srintil harus menghadapi dua pemuda yang memperebutkannya seharga satu keping ringgit emas, Dower dari Pecikalan dan Sulam anak seorang lurah kaya dari kampung seberang. Dalam usia sebelas tahun, Srintil telah melepas keperawanannya. Seusai malam sayembara itu, Rasus memutuskan bahwa ia harus pergi dari Dukuh Paruk. Rasus gusar karena menyadari bahwa Srintil telah menjadi milik semua laki-laki. Ia merasa Dukuh Paruk telah mengambil miliknya yang berharga. Perlahan-lahan Rasus menggeser kedudukan gadis itu karena ia mulai kesulitan mencari gambaran ibunya dalam diri perempuan sundal macam Srintil. Akhirnya, Rasus menyingkir ke pasar Dawuan. Di tempat ini takdir mempertemukannya dengan sekelompok tentara. Rasus berkenalan dengan Sersan Slamet dan Kopral Pujo. Melalui Sersan Slamet, Rasus banyak belajar berbagai macam hal, mulai dari membaca, menulis, hingga cara bongkar pasang senapan. Ketika bertemu kembali dengan Srintil, gadis itu telah banyak berubah. Srintil menawarkan diri untuk berhenti meronggeng dan menikah dengan Rasus, ia ingin menjadi perempuan yang utuh, seorang ibu rumah tangga. Sayangnya, Rasus lebih memilih untuk bergabung menjadi tentara dan pergi dari Dukuh Paruk. Rasus telah berniat untuk meninggalkan seluruh kenangan tentang ibunya, juga tentang Srintil. Ia melepaskan gadis itu. Memberikan Dukuh Paruk seorang ronggeng menjadi lebih berarti bagi Rasus daripada menikahi Srintil. Di

59 belakangku Dukuh Paruk diam membisu. Namun segalanya masih utuh di sana: keramat Ki Secamenggala, kemelaratan, sumpah serapah, irama calung, dan seorang ronggeng (Tohari 2004: 107).

60 Lampiran 2: Data Watashi ( 私 ) 1. Sesungguhnya aku menginginkan jeruk keprok. Tetapi buah pepaya pun tak mengapa. (RDP hlm. 37 baris 11 12) ほんとはわたし 甘 いマンダリンみかんが 欲 しかったのに でも パパイアじゃ しょうがないわ (PMO hlm. 46 baris 17) 2. Aku mau mandi sekarang, Rasus. Sebaiknya engkau pulang. Kalau mau kau bisa menonton nanti malam. Aku akan menari lagi. (RDP hlm. 37 baris 29 30) わたし これからマンデイするの もう 帰 ったほうがいいよ ラスス 今 晩 観 たいんだったらね わたし また 踊 るんだよ (PMO hlm. 47 baris 12 13) 3. Baik, aku akan menari. Kalian harus mengiringi tarianku. Bagaimana? (RDP hlm. 12 baris ke 33) いいよ わたし 踊 ってみせる あんたたち 踊 りの 伴 奏 をしなきゃなんないけど それでもいいの?(PMO hlm. 9 baris ke 1) 4. Sudahlah. Jangan mencari alasan yang bukan-bukan. Aku tahu kau sedang melamun karena kehilangan sehelai baju. Nah, ini dia. Pakailah! (RDP hlm. 42 baris 22 23) もういいったら むだな 言 い 訳 探 すことないじゃないの わたし ちゃあんと 知 ってるもん なくした 上 着 のこと 考 えていたことくらい ほら これでしょう 着 たら!(PMO hlm. 54 baris 19 20) 5. Ya, Rasus. Tetapi mengapa hal itu kaulakukan? Engkau senang padaku? (RDP hlm. 42 baris 35) そお ラスス でも どうしてくれたの?わたしのこと 好 きなの?(PMO hlm. 55 baris 12) 6. Jadi engkau senang bila aku kelihatan bertambah cantik? Tetapi apakah kau mengerti tentang keris yang kauberikan padaku itu? (RDP hlm. 43 baris 4 dan 6) それじゃ ラスス わたしがもっとすてきになったら 嬉 しいの? でも わた しにくれたクリス どんなクリスか 知 ってるの?(PMO hlm. 55 baris 16 dan 18)

61 7. Tidak begitu. Mereka tidak kuberitahu siapa yang membawa keris itu kepadaku. Aku merahasiakan hal itu kepada mereka. (RDP hlm. 43 baris 11 12) そうじゃないけど あのクリスを わたしんとこへ 誰 が 持 って 来 たかなんて お じいちゃんたちに 教 えてないもの あのこと おじいちゃんたちに 内 緒 だから (PMO hlm. 56 baris 3 4) 8. Mereka mengatakan keris itu bernama Kyai Jaran Guyang, pusaka Dukuh Paruk yang telah lama lenyap. Itu keris pekasih yang dulu selalu menjadi jimat para ronggeng. Mereka juga mengatakan hanya karena keberuntunganku maka keris itu sampai ke tanganku. Rasus, dengan keris itu aku akan menjadi ronggeng tenar. Itu kata Kakek dan juga kata Kartareja. (RDP hlm. 43 baris 14 18) あのクリスはね キャイ ジャラン ゴヤンていう 名 で パルック 村 のプサカなん だって そしてずっと 行 方 不 明 になっていたって おじいちゃんたちが 言 ってた よ あれはプカシのクリスで 昔 からずっと 踊 り 子 が 愛 されるようになる お 守 りだったって 話 なの わたしの 運 がよかったから あのクリスが 来 たんだって ねえ ラスス あのクリスがあると わたし 有 名 な 踊 り 子 になれる おじいち ゃんやカルタレユジャが そう 言 ったの (PMO hlm. 56 baris 6 10) 9. Rasus, bila kau tahu, betapa ngeri hatiku tadi. (RDP hlm. 49 baris 34) ラスス ラススなら さっきわたしが どんなに 怖 ろかったか わかるかもしれ ないけど... (PMO hlm. 66 baris 4) 10. Apakah engkau akan bersedih bila aku mati? (RDP hlm. 50 baris 5) もしかして わたしが 死 んだら 悲 しいと 思 う ラスス?(PMO hlm. 66 baris 12) 11. Mari masuk. Temani aku. Kartareja dan istrinya sedang pergi ke rumah kakekku. Aku seorang diri sekarang. (RDP hlm. 54 baris 11 12) さあ 中 へはいって 遊 んでってね カルタレェジャもおばあさんも サカリイ ヤおじいちゃんの 家 に 行 ってるの 今 わたしひとりぽっちなんだもの (PMO hlm. 72 baris 19 20) 12. He, kau seperti malas bercakap-cakap. Kau segan menemaniku di sini? (RDP hlm. 54 baris 18 19) ねえ ラスス おしゃべりしたくないみたいだけど わたしの 相 手 するのがいや なの?(PMO hlm. 73 baris 5)

62 13. Tapi kau hanya berkata bila kutanya. Kenapa? (RDP hlm. 54 baris 21) だって わたしがなにか 言 わなきゃ しゃべらないくせに どうして?(PMO hlm. 73 baris 7) 14. Ya, Rasus, aku tahu. Kau tak usah berkata banyak aku sudah tahu mengapa kau membenci tempat tidur itu. (RDP hlm. 54 baris 32 33) そうよ ラスス わたしわかってる 何 も 言 わなくたって どうしてラススがあ のベッドを 嫌 ってるか わたし ちゃあんと 知 ってるよ (PMO hlm. 73 baris 17 18) 15. Dan engkau tahu bahwa aku senang menjadi ronggeng, bukan? (RDP hlm. 54 baris 35) そして わたしが 踊 り 子 になりたがっていることを 知 ってるんでしょ?(PMO hlm. 73 baris 20) 16. Entahlah, Rasus. Aku tak mengerti. (RDP hlm. 55 baris 10) さあ どうって わたしわからないんだもの (PMO hlm. 74 baris 11) 17. Aku tak mengerti, Rasus. Yang jelas aku seorang ronggeng. Siapa pun yang akan menjadi ronggeng harus mengalami malam bukak-klambu. Kau sudah tahu itu, bukan? (RDP hlm. 55 baris 14 16) わたし わかんないの ラスス でもね わたしが 踊 り 子 だっていうことは ち がいないから 誰 だって 踊 り 子 になるんだったら ブカ クランブの 夜 をすませ なきゃならないし... ラススだって 知 ってたでしょう?(PMO hlm. 74 baris 14 16) 18. Aku disuruh Nyai Kartareja menaruh sesaji itu. Bukankah malam nanti... (RDP hlm. 65 baris 9 10) わたしね カルタレェジャのばあちゃんに 言 いつかって このお 供 え 物 あげに きたの 知 ってるでしょ 今 晩... (PMO hlm. 89 baris 16 17) 19. Aku tak dapat melihatnya. (RDP hlm. 65 baris 32) わたし 見 えないんだもの (PMO hlm. 90 baris 16) 20. Ya, Rasus. Aku tidak marah. (RDP hlm. 68 baris 3)

63 うん ラスス わたし もうおこってなんかいないよ (PMO hlm. 94 baris ke 1) 21. Aku harus pulang, Rasus. Nyai Kartareja memanggilku. Sudah terlalu lama aku pergi. (RDP hlm. 68 baris 20 21) わたし 帰 んなくちゃ カルタレェジャのばあちゃんが 呼 びにきたよ おそくな ったから もう 帰 る (PMO hlm. 94 baris 17 18) 22. Rasus. Dengar, mereka bertengkar di luar. Aku takut, sangat takut. Aku ingin kencing. (RDP hlm. 76 baris 3 4) ラスス 聞 いて あの 人 たち むこうで 喧 嘩 してるの わたし 怖 ろしくて 怖 ろしくて わたしね おしっこしたくなっちゃった!(PMO hlm. 106 baris 16 17) 23. Sudah. Tetapi aku takut. Rasus, kau sungguh baik. Kau ada di sini ketika aku sedang diperjual-belikan. (RDP hlm. 76 baris 6 7) うん でも わたし 怖 ろしいの ねえ ラスス お 願 いだから わたしがお 客 の 相 手 している 間 ここにいてね (PMO hlm. 106 baris 19 20) 24. Aku benci, benci. Lebih baik kuberikan padamu. Rasus, sekarang kau tak boleh menolak seperti kau lakukan tadi siang. Di sini bukan pekuburan. Kita takkan kena kutuk. Kau mau, bukan? (RDP hlm. 76 baris 12 14) わたし いや いやなの ラススにあげるほうがいい ね ラスス こんどは 昼 間 みたいに つっぱねないで ここはお 墓 じゃないもの ばちなんかあたらない よ ねえ ラスス いい?(PMO hlm. 107 baris 5 6) 25. Rasus, kau menghilang dari Dukuh Paruk sejak kejadian malam hari di belakang rumah Kartareja. Jangkrik! Aku sungguh tak mengerti mengapa kau bertindak demikian. (RDP hlm. 89 baris 4 6) ラスス あの 晩 カルタレエジャのところでのことがあった 後 パルック 村 から 消 えてしまったわね ばかだわ!どうしていなくなったしまったの?わたし さっ ぱり 見 当 がつかなかった (PMO hlm. 127 baris 3 4) 26. Bila kau ingin bertani, aku mampu membeli satu hektar sawah buat kaukerjakan. Bila kau ingin berdagang, akan kusediakan uang secukupnya. (RDP hlm. 105 baris 24 25) もしラススが 野 良 仕 事 をするつもりなら そのために わたし 一 ヘクタールの 田 圃 を 買 うことができるわ 商 売 がしたいんなら できるだけたくさんお 金 を 用 意 しようと 思 うけど (PMO hlm. 152 baris 4 5)

64 27. Eh, Rasus. Mengapa kau menyebut hal-hal yang sudah lalu? Aku mengajukan permintaanku itu sekarang. Dengar, Rasus, aku akan berhenti menjadi ronggeng karena aku ingin menjadi istri seorang tentara; engkaulah orangnya. (RDP hlm. 105 baris 30 33) まあ ラスス どうしてとっくにすんじゃった 昔 のことなんか 言 うの? 私 が 頼 ん でいるのは 今 のことなのに 聞 いてちょうだい ラスス わたし 踊 り 子 をや めることにするわ だって 軍 人 の 奥 さんになりたいの ラススなのよ その 軍 人 さんは (PMO hlm. 152 baris 10 12) 28. Mengapa tidak? Ada seorang siten wedana sedang menggendaknya. Bahkan kudengar istri siten itu sudah menuntut cerai kepada suaminya. (RDP hlm. 82 baris 4 5) 知 らないわけないさ あの 子 を 情 婦 にしている 副 郡 長 がいるんだよ おまけにね わたしが 聞 いたよころじゃ その 副 郡 長 の 奥 さんが 29. Aku tak tega meninggalkannya, Kang. (RDP hlm. 29 baris ke 9) わたし あの 子 を おいてけない あんた!(PMO hlm. 34 baris ke 13) 30. Jadi aku harus melayani Sulam pula? (RDP hlm. 77 baris 30) それじゃわたし スラムの 相 手 もしなきゃなんないの?(PMO hlm. 109 baris 12) 31. Tetapi perutku sakit, Nek. Amat sakit. (RDP hlm. 77 baris 33) でも おばあちゃん わたし おなかが 痛 いの すごく 痛 いの (PMO hlm. 109 baris 15) 32. Oh, kalian bocah bagus. Jangan bertengkar di sini. Aku khawatir tetangga nanti datang karena mendengar keributan. Ayo, bocah bagus, duduklah. Kalau kalian terus berselisih, pasti Srintil merasa takut. Bagaimana bila nanti dia tidak bersedia menjalani bukakklambu? (RDP hlm. 73 baris 6 9) おやまあ あんたたち 二 人 ともいい 男 だねえ ここで 喧 嘩 なんかしちゃいけな いよ 騒 ぎを 聞 きつけて 隣 近 所 の 人 がやってくるんじゃないかって わたし 心 配 したんだよ さあさ あんたたち ちょっとお 坐 りよ そうやっていつまで も 仲 違 いをしていたら きっとスリンテイルがこわがるよ あとでブカ クラン

65 ブをや めるっ て 言 い だ すかも しれな いけ ど どうす るの?(PMO hlm. 101 baris??? hlm. 102 baris ke 3) 33. Si dungu dari Pecikalan. Engkau tak mengerti aku bersusah payah membuat Sulam mabuk? Sekarang kau kumenangkan. (RDP hlm. 75 baris 16 17) プチカランのおばかさん わかんないのかい わたしが 苦 労 してスラムを 酔 わせ たのにさ 今 あんたを 勝 たせたんだよ (PMO hlm. 105 baris 12 13) 34. Aku pernah mengalami hal seperti itu. Bocah ayu, percayalah padaku. Semuanya tak mengapa kaulakukan. Ingat, sebuah ringgit emas! Istirahatlah sekarang selagi Sulam masih mendengkur. (RDP hlm. 77 baris 34 36) わたしだって そんなことはよくあったもんだよ いい 子 だね わたしは 嘘 なん か 言 わないよ そのくらいは みんななんともないことなのさ 考 えてごらん 金 貨 一 枚 だよ! 今 のうちに 休 んでおきなさい スラムはまだぐうぐう 寝 ているか らね (PMO hlm. 109 baris 16 18) 35. Tak kusangka Srintil bisa menari sebagus itu. Kalau boleh aku ingin menggendongnya sampai dia lelap di pangkuanku. (RDP hlm. 20 baris ke 17 18) スリンテイルが こんなに 上 手 に 踊 るなんて ぜんぜん 思 ってもいなかったよ あの 子 をおぶったり ぐっすり 眠 るまで わたしの 膝 に 抱 いていてやれたらいい のに (PMO hlm. 21 baris ke 2 3) 36. Yah, aku pun ingin mencuci pakaiannya. Aku akan memandikannya besok pagi. (RDP hlm. 20 baris ke 19 20) そうさね わたしだって あの 子 の 服 を 洗 ってやりたいよ あしたの 朝 水 浴 を させてやろうかな (PMO hlm. 21 baris ke 4) 37. Yah, Srintil. Bocah kenes, bocah kewes. Andaikata dia lahir dari perutku. (RDP hlm. 20 baris ke 27 28) ほんとにスリンテイルって あだっぽくて 色 気 のある 子 だね ああいう 子 を わ たしが 産 んだんだったらよかったのに (PMO hlm. 21 baris ke 12 13) 38. Aku yang lebih tahu tenaga suamiku, tahu? (RDP hlm. 38 baris 30)

66 うちの 亭 主 の 馬 力 よく 知 ってるのはこのわたしだよ そうだろうさ?(PMO hlm. 49 baris 5) 39. Tetapi jangan sombong dulu. Aku bisa menjual kambing agar suamiku mempunyai cukup uang. Aku tetap yakin suamiku akan menjadi lelaki pertama yang mencium Srintil. (RDP hlm. 38 baris 31 33) けどね あんまり 自 慢 しないほうがいいよ わたしなんか 山 羊 を 売 ることだっ てできるもの うちの 夫 にお 金 をいっぱい 持 たせるためにさ うちの 夫 が 誰 よ りも 先 にスリンテイルにキスをするんだ そうに 決 まってるよ (PMO hlm. 49 baris 6 8) 40. Belum. Srintil bayi yang tahu diri. Rupanya dia tahu aku harus melayani sampean setiap pagi. (RDP hlm. 23 baris ke 23 24) まだなんだよ スリンテイルは 聞 きわけのいい 赤 ん 坊 だからね あの 子 はわたし が 毎 朝 あんたの 相 手 をしなきゃなんないのを ちゃんと 知 っているようだよ (PMO hlm. 25 baris ke 14 15) 41. Wah. Sayur bongkrek campur toge dengan nasi padi bengawan. Hidangkan ketika masih hangat. Boleh aku makan di rumahmu? (RDP hlm. 23 baris ke 33 34) わあすごい もやし 入 りのテンペのおつゆと ブンガワン 米 の 白 い 御 飯 ほかほ か 温 かいうちにみんあに 出 して わたしもあんたんとこで 御 馳 走 になってもい い?(PMO hlm. 26 baris ke 5) 42. Nah. Aku punya sandal kulit. Mulah. Balang baik. Na, kamu olang tida pantas beltelanjang kaki. Betismu bagus. Bayal sandalku. Nanti aku juga mau bayal kalau aku tidul di Dukuh Paruk. (RDP hlm. 83 baris 18 20) なあ!わたし 皮 サンダル もているよ やすい 上 等 あるよ ねえ あんた はだし 似 あわない あんた 足 きれい このサンダル かね 払 ってください あ とで わたし かね 払 う パルック 村 行 って わたし 寝 る (PMO hlm. 118 baris 13 15) 43. Oh, saya tak pernah bermimpi seorang laki-laki Dukuh Paruk akan memenangkan sayembara. Jangankan ringgit emas, sebuah rupiah perak pun tak dimiliki oleh laki-laki Dukuh Paruk. Saya tidak berharap mereka mengikuti sayembara. (RDP hlm. 52 baris 22 25)

67 それだよ わたしはパルック 村 の 男 どもが コンテストに 優 勝 するなんて 夢 に も 思 ってはおらん 金 貨 だなんぞ とんでもない 金 貨 一 枚 だって この 村 の 連 中 は 持 っとらんさ そういう 連 中 には コンテストにはでてもらいたくないんだ よ (PMO hlm. 70 baris 11) Boku ( 僕 ) 44. Kalau saya gagal memperoleh sebuah ringgit emas maka uang panjar saya hilang? (RDP hlm. 59 baris 16 17) もし 僕 が 金 貨 を 持 ってこられなければ 手 付 け 金 までなくなっちゃうんです か?(PMO hlm. 81 baris 5) 45. Aku datang lagi, Kek. Meski bukan sekeping ringit emas yang kubawa, kuharap engkau mau menerimanya. (RDP hlm. 70 baris 7 8) おじいさん また 来 ました 僕 が 持 ってきたのは 金 貨 ではないんですけど... 受 け 取 って 下 さい (PMO hlm. 97 baris 3 4) 46. Kau memang benar, Kek. Tetapi bila dua buah rupiah perak yang kujadikan panjar menjadi milikmu, kukira pemberianku cukup, lebih dari cukup. Bagaimana? (RDP hlm. 70 baris 19 21) そりゃ たしかにそのとおりです でも 僕 がもう 払 った 銀 貨 二 枚 も おじいさ んのものになるんでしょう それに 水 牛 を 追 加 すれば 充 分 だ 充 分 すぎると 充 分 と 思 うけど どうですか?(PMO hlm. 97 baris 14 15) 47. Nek, aku mau pulang sekarang. (RDP hlm. 77 baris 8) おばあさん 僕 もう 帰 ります (PMO hlm. 108 baris 13) 48. Ya. Oh, rupanya kalian pasangan tua bangka yang licik dan tengik. Baiklah, aku mau tidur di sini. Aku pun telah lelah dan ngantuk. (RDP hlm. 77 baris 11 12) はあ あっ そうか そういうことだったのか おばあさんたち 年 寄 り 未 婦 は ほんとに 抜 け 目 のないやり 手 なんだなあ でも まあいいです 僕 ここで 休 み ます 疲 れて 眠 くなったから (PMO hlm. 108 baris ke 18 19) 49. Tidak demikian, Pak. Aku hanya merasa sangsi apakah aku dapat memenuhi syarat untuk memikul tugas yang akan kuterima itu. (RDP hlm. 92 baris 35 36)

68 いえ そうじゃないんです その 仕 事 を 引 き 受 けても ちゃんとやる 力 が 僕 にあ るのかどうか それを 心 配 してたんです (PMO hlm. 132 baris 18 19) 50. Kalau demikian penilaian Sersan, maka aku hanya menurut. (RDP hlm. 93 baris 6) 軍 曹 が そういうふうに 思 ってくれるんだったら 僕 そうします (PMO hlm. 133 baris 5) 51. Kita perlu bantuan. Kopral tetap di sini. Aku akan berlari secepatnya ke Dawuan. Dalam dua puluh menit kuharap aku sudah kembali bersama Sersan Slamet. (RDP hlm. 100 baris 20 22) 我 々には 救 援 が 必 要 です 伍 長 はここを 動 かないでいて 下 さい 僕 はダウアンへ 大 急 ぎでひとっぱしりしてきます 二 十 文 以 内 には スラムット 軍 曹 と 一 緒 に 戻 ってこられると 思 います (PMO hlm. 144 baris 4 5) 52. Nah, inilah senter yang Kopral minta. Aku juga akan meninggalkan tempat ini, mengikuti para perampok itu dari belakang. (RDP hlm. 100 baris 27 28) さあ これ 合 図 のライトです 僕 もここを 離 れて あの 盗 っ 人 どもの 尾 行 をし ます (PMO hlm. 144 baris 10) 53. Hati-hati. Kopral jangan salah tembak nanti. (RDP hlm. 100 baris 30) 気 をつけて 下 さい 伍 長 あとで 敵 とまちがえて 僕 を 射 たないで 下 さい (PMO hlm. 144 baris 12) 54. Aku harus segera bergabung kembali dengan Sersan Slamet. Dia beserta anak-anak buahnya sangat membutuhkan tenagaku. Wilayah kecamatan Dawuan belum aman, bukan? (RDP hlm. 105 baris 12 14) 僕 はすぐにスラマット 軍 曹 とまた 合 流 しなければならないんです 軍 曹 や 部 下 た ちが 僕 の 協 力 をあてにしていますから ダウアン 地 区 は まだ 安 全 ではないで しょう?(PMO hlm. 151 baris 14 15) 55. Kau tidak lupa padaku, Srin? (RDP hlm. 88 baris 10) 君 僕 のこと 忘 れなかったかい?スリン (PMO hlm. 125 baris 16)

69 56. Srin, aku belum berpikir sedemikian jauh. Atau aku takkan pernah memikirkan hal semacam itu. Lagipula aku masih teringat betul kata-katamu dulu bahwa kau senang menjadi ronggeng. (RDP hlm. 105 baris 27 29) スリン 僕 はそんな 先 のことまで 考 えていないんだよ それにそういう 問 題 は これからも 考 えないと 思 うよ それよりも 君 が 喜 んで 踊 り 子 になったって ず っと 前 に 言 っていたことを 今 でもまだよく 思 い 出 すことがあるんだよ (PMO hlm. 152 baris 7 9) Ore ( 俺 ) 57. Aku tak ingin makan. (RDP hlm. 63 baris 1) おれ くいたくない (PMO hlm. 86 baris 11) 58. Baru kali ini kudengar engkau mengusirku, Rasus. Aku ingin tahu apa yang sebenarnya sedang kaupikirkan. (RDP hlm. 63 baris 4 5) へえっ はじめてだよ ラススがおれを 追 っぱらうなんて おれ おしえてほし いなあ ほんとはお 前 が 何 を 考 えていたのか (PMO hlm. 86 baris 15 16) 59. Itu urusanku. Misalnya kuberitahu, kau takkan dapat menolongku. Tapi aku takkan mengatakan apa-apa kepadamu. Jadi, baik urusi kambingmu. (RDP hlm. 63 baris 6 7) そんなこと おれの 勝 手 だ おしえてやったって おれを 助 けることなんか で きっこないさ もし 助 けられたって お 前 になんかなんにも 言 いたくないよ だ からさ 自 分 の 山 羊 の 世 話 でもやいてりゃいいんだ (PMO hlm. 86 baris 17 19) 60. Wah, kalau begitu aku bisa menebak. Rasus, kau tak perlu mungkir. Kau sedang termakan pekasih yang dipasang Nyai Kartareja pada Srintil, bukan? Hayo, baik mengaku! Kepadaku kau akan sia-sia menyimpan rahasia. (RDP hlm. 63 baris 8 11) うへ っ そんなら 当 ててやろうか おいラスス ちがうって 言 ったってだめだ ぞ おまえ カルタレェジャのばあさんが スリンテイルに 仕 掛 けた 惚 れ 薬 にや られてるんだ そうだろ?ほら さっさと 白 状 したほうがいいぞ!おれに 秘 密 に しようたって むだだよな (PMO hlm. 86 baris 20 hlm. 87 baris 2) 61. Tidak apa-apa, Warta. Percayalah, sahabatku, tak ada yang salah pada diriku. Aku terharu. Suaramu memang bisa membuat siapa pun merasa begitu terharu. (RDP hlm. 64 baris 22 24)

70 なんでもないんだよ ワルタ 信 じてくれよ 友 だちじゃないか ほんとになん でもないんだ おれ 感 激 しちゃったのさ お 前 の 声 ほんとにすごく 感 動 させ るんだもの (PMO hlm. 88 baris 18 19) 62. Ya! Mengapa? Aku telah menyerahkan seekor kerbau dan dua buah uang rupiah perak. Semua itu bernilai lebih dari sebuah ringgit emas. (RDP hlm. 71 baris 34 35) そうだ!それがどうだっていうんだ?おれなんか とっくに 水 牛 一 頭 と 銀 貨 二 枚 も 渡 してあるんだ 全 部 合 わせりゃ 金 貨 一 枚 より ずっとましなんだぞ (PMO hlm. 99 baris 16 17) 63. Sulam! Kau boleh pongah kepada siapa pun, tetapi jangan kepadaku. Yang hendak kuserahkan kepada Kartareja lebih mahal daripada sekadar sebuah ringgit emas. Dan kau, Kartareja! Alangkah dungu bila kau menolak pemberianku dan menerima pemberian Sulam. (RDP hlm. 72 baris 17 20) スラム!だれにだっていばりくさってりゃいい けど このおれにだけは 許 さん ぞ おれがカルタレェジャに 渡 したやつは 金 貨 よりずっと 値 打 ちがあるんだ おい じいさん おれがやったものを 突 っ 返 して スラムからの 金 貨 をもらうと いうのか まったく 馬 鹿 もいいとこだ (PMO hlm. 100 baris 15 17) 64. Tidak! Bongkrekku tidak mungkin beracun. Bahannya bungkil yang kering. Tidak bercampur apa pun. Ayah, engkau jangan mengajak orang menuduh anakmu sendiri dengan keji! (RDP hlm. 26 baris ke 1 3) ちがう!おれのボンクレックに 毒 なんかはいっているもんか あれに 使 ったの は よく 乾 いたブンキルだぞ なにひとつ 混 ぜものなんかしてないんだ とうさ ん とうさんは 自 分 の 息 子 に 酷 い 言 いがかりをつける 奴 らを 連 れてなんかこ ないでくれ!(PMO hlm. 29 baris ke 11 13) 65. Bajingan! Kalian semua bajingan tengik! Betapapun bongkrekku tak bersangkut-paut dengan malapetaka ini. Lihat! Akan kutelan bongkrek ini banyak-banyak. Kalau benar ada racun, pasti aku akan segera sekarat! (RDP hlm. 26 baris ke 34 36) ばっかやろう!てめえら どいつもこいつも ろっくでなしの 大 ばかやろうめ! どいつがなんとほざこうが おれのボンクレックを ごっそり 平 らげてやるぞ ほんとにこいつが 毒 入 りなら おらあ すぐにもおっちんじまうにちげえねえん だ!(PMO hlm. 30 baris ke 20 hlm. 31 baris ke 3)

71 66. Kalian, orang Dukuh Paruk. Buka matamu, ini Santayib! Aku telah menelan seraup tempe bongkrek yang kalian katakan beracun. Dasar kalian semua, asu buntung! Aku tetap segar-bugar meski perutku penuh tempe bongkrek. Kalian mau mampus, mampuslah. Jangan katakan tempeku mengandung racun. Kalian terkena kutuk Ki Secamenggala, bukan termakan racun. Kalian memang asu buntung yang sepantasnya mampus. (RDP hlm. 27 baris ke 36 28 baris ke 4) てめえら パルックのばっかやろうとも 目 ん 玉 おっぴろげて ようく 見 ろ こ のおれはサンタユイブだ!おらあ テンペを 一 つかみも 食 ったんだぞ てめえら が 毒 入 りだってぬかしやがったやつをな どたい てめえら どいつもこいつ も 揃 いも 揃 って 大 ばかやろうだ!おらあ このとおりぴんぴんしてらあ 腹 がく らくなるほど テンペを 食 ったのによお てめえら くたばりてえか 死 にたき ゃ おっちんじまえ つべこべほざくなよ おれのテンペが 毒 入 りだなんて て めえら スチャムンガラのばちをくらったんだ 毒 をくらったせいじゃねえ て めえら 畜 生 とも くたばってあったりめえよ!(PMO hlm. 32 baris ke 12 18) 67. Itu urusanku. Kamu jangan mengajari kami. (RDP hlm. 101 baris 18) そったらことは 俺 の 勝 手 だ つべこべごたくを 並 べるな (PMO hlm. 145 baris 14) 68. Jangan suruh aku duduk kecuali kau sudah mengakui pemberianku lebih banyak daripada pemberian Sulam. Kartareja, kau jangan bodoh! (RDP hlm. 72 baris 36 37) だめだ おれを 坐 らせようったって おれが 出 したやつのほうが スラムよりず っと 多 いんだ それをじいさんの 口 から ちゃんと 言 わんうちはだめだ カルタ レェジャ 馬 鹿 も 休 み 休 みにしてくれよ (PMO hlm. 101 baris 13 15) 69. Nah, mengapa kau bertanya maksud kedatanganku. Kaukira aku akan datang kemari bila kau tidak menjamuku dengan ronggeng itu? (RDP hlm. 72 baris 9 10) そんなら なんだっておれが 来 たわけなんか 訊 くんだよ?あの 踊 り 子 に おれの 相 手 もさせんのに のこ ここまで 来 ると 思 ってんのか?(PMO hlm. 100 baris 7 8) 70. Sebuah pertanyaan yang menghina, kecuali engkau belum mengenalku. Tentu saja aku membawa ringgit emas itu. Bukan rupiah perak, apalagi seekor kerbau seperti anak Pecikalan ini. (RDP hlm. 72 baris 13 15)

72 くだらんことを 訊 きやがんなあ このおれが 何 様 かを 知 らないんならしかたない けどよ もちろん 金 貨 ぐらい ちゃんと 持 ってきてらあ このプチカラン 野 郎 み てえに 銀 貨 や おまけに 水 牛 なんかじゃないってことよ (PMO hlm. 100 baris 10 12) 71. He, Nyai. Tetapi mengapa kau hanya menyediakan sebotol buatku? Tambah lagi barang dua-tiga botol. Kau jangan harap akan ada sisa minuman di hadapanku nanti. (RDP hlm. 74 baris 10 12) おい ばあさん なんでおれに 一 本 しか 出 さないんだい?もう 二 三 本 ふやして くれよ あてにしたってだめなんだぞ あとでおれの 前 に 酒 の 飲 み 残 しがある だろうなんてな (PMO hlm. 103 baris ke 17 18) 72. Oh, ya. Ya. Tetapi nanti dulu, Nek. Aku ingin kencing. (RDP hlm. 78 baris 26) うん うん わかった けど ちょっと 待 ってくれよ おれ 小 便 がしたいんだ (PMO hlm. 111 baris 3) 73. Lho. Engkau tetap diam, Rasus. Engkau menolak atau hanya bingung memikirkan tawaranku. (RDP hlm. 92 baris 33 34) こらっ ラスス いつまで 黙 っているんだ お 前 は 俺 の 申 し 出 を 断 わろうかど うかと 迷 っているのか?(PMO hlm. 132 baris 15 16) 74. Siapa saja yang mempunyai cukup tenaga serta kejujuran, dapat melaksanakan tugas sebagai tobang. Tentang tenaga, aku sudah merasa pasti engkau memilikinya dengan cukup. Kejujuranmu sudah terpancar dari wajah dan sinar matamu sendiri. Jadi aku merasa pasti pula engkau mampu menjadi seorang tobang. (RDP hlm. 93 baris 1 5) 誰 だろうが 充 分 な 休 力 それに 誠 意 がありさえすれば トバンとしての 任 務 を 立 派 に 果 たすことはできる 休 力 については お 前 が 文 句 ないだけのものを 備 え ていることは 俺 にはもうはっきり 解 っている お 前 の 誠 意 は 顔 や 目 の 光 にあ りありと 現 われている お 前 には 充 分 にトバンになる 能 力 があると 俺 は 見 極 めたんだ (PMO hlm. 133 baris 1 4) 75. Sebagai seorang tobang segala sesuatu yang kauketahui di sini menjadi rahasia penting. Kau harus menjaganya sekuat tenaga. Dengan orang luar kau hanya dibenarkan berbicara seperlunya. Kalau kuketahui kau melakukan kesalahan, aku sendiri yang akan menghukummu. Bila perlu dengan pistolku! (RDP hlm. 94 baris 4 8)

73 トバンとして お 前 がこの 基 地 で 見 聞 きしたことは 全 部 重 大 な 機 密 になってい る お 前 は 機 密 を 断 固 として 守 らなくてはならん 部 外 者 とは 必 要 なこと 以 外 は 話 すのを 認 めないぞ 万 が 一 お 前 が 過 失 を 犯 したことが 解 ったならば この 俺 がお 前 を 処 罰 する 必 要 とあれば このピストルにものをいわすかもしれん! (PMO hlm. 134 baris 16 19) 76. Aku mau tidur barang sebentar. Cepat bangunkan aku bila kau melihat sesuatu yang mencurigakan. (RDP hlm. 95 baris 27 28) さて 俺 は 一 眠 りするとしよう 何 か 不 審 なものを 見 かけたら 急 いで 起 こして くれよ (PMO hlm. 137 baris 2 3) 77. Baik. Mari kita pulang. Tetapi kau harus berjanji nanti akan memberikan keterangan sejelas-jelasnya kepadaku. (RDP hlm. 98 baris 25 26) わかった さて 我 々は 帰 ることにする しかしお 前 は 後 で 俺 に 詳 しく 説 明 す ることを 約 束 しなければならないぞ (PMO hlm. 141 baris 6 7) 78. Hanya kali ini kau kumaafkan. Kali lain tidak. Untung aku dapat memahami penderitaan batinmu karena selama hidup engkau belum pernah melihat ibumu. Kalau tidak hukuman yang akan kauterima cukup berat. Bayangkan, mengambil dan menggunakan bedil. Bahkan seorang tentara harus memenuhi syarat tertentu agar dibenarkan berlaku demikian. (RDP hlm. 99 baris 4 8) 今 回 限 り 許 してやろう しかし 二 度 と 許 すことはできんぞ お 前 がこの 半 生 母 親 に 逢 えなかったために 精 神 的 に 苦 しんでいたのを 俺 は 理 解 することがで きる が これは 幸 運 といってもよいことなのだ もしそうでなければ お 前 は 非 常 に 重 い 懲 罰 受 けなければならなかったろう 考 えもみろ 勝 手 に 銃 をとり 銃 を 使 ったということを 正 規 の 兵 士 でさえも 銃 の 使 用 を 許 可 されるには 一 定 の 条 件 を 満 たさなければならんものなのだ (PMO hlm. 141 baris 20 hlm. 142 baris 4) 79. Tidak. Kopral tinggal di sini dan kuserahi tanggung jawab. Aku hanya memerlukan dua orang serta Rasus sebagai penunjuk jalan. (RDP hlm. 94 baris 28 29) いかん 伍 長 はここに 残 り 責 任 をもって 俺 の 代 理 を 務 めねばならん 兵 隊 二 人 と 道 案 内 のラススだけで 充 分 だ (PMO hlm. 135 baris 17 18)

74 80. Berapa? Mataku kurang awas. (RDP hlm. 100 baris 12) 何 人 だ? 俺 の 目 は よく 見 えないんだ (PMO hlm. 143 baris 17) 81. Nanti dulu. Aku mau kencing. (RDP hlm. 100 baris 17) まあ 待 て 俺 小 用 がしたいんだ (PMO hlm. 144 baris 1) 82. Terlalu lama. Mana sentermu. Aku akan memberi isyarat ke markas. (RDP hlm. 100 baris 23) 時 間 をくいすぎる ライトはどうした? 俺 が 基 地 へ 合 図 をしよう (PMO hlm. 144 baris 6) 83. Terlalu besar. Aku bersedia membuatkan badongan untukmu. (RDP hlm. 12 baris ke 8 10) でっかすぎらあ おれ かんむり 作 ってやろうか? (PMO hlm. 7 baris ke 17) 84. Wah, jadi kalau begitu. Aku akan menirukan bunyi gendang. Warta menirukan calung dan Darsun menirukan gong tiup. Hayo! (RDP hlm. 12 baris ke 35 37) うへ っ じゃ こんなふうにかい?おれ グンダンたたきのまねをするよ ワ ルタはチャルン ダルスンはゴング テイウプのまねをやんなよ さあ やる ぞ!(PMO hlm. 9 baris ke 3 5) 85. Aku tahu engkau ingin jeruk keprok. Namun buah itu tak baik buat gigimu yang habis dipangur. Engkau akan dibuatnya merasa sangat ngilu. (PMO hlm. 37 baris 16 17) おれ 君 がマンダリンみかんをほしがってることは 知 ってたんだ けど あのみ かんは やすりをかけちゃった 歯 には よくないんだ みかんを 食 ったら すご く 痛 い 目 にあうよ (RDP hlm. 47 baris 1 2) 86. Aku sedang... (RDP hlm. 42 baris 21) おれ いま... (PMO hlm. 54 baris 18) 87. Keris itu kecil, jadi cocok untukmu. Keris yang selama ini kaupakai terlalu besar. Dengan keris pemberianku itu, kau akan bertambah cantik bila sedang menari Baladewa. (RDP hlm. 43 baris 1 3)

75 あのクリス 小 さいだろ だからちょうどいいよ 今 までのクリス 君 が 持 つと 大 き 過 ぎたもの おれがやったあのクリスで ボロデウオ を 踊 ればもっとす てきになるよ (PMO hlm. 55 baris 14 15) 88. Tidak. Aku tak tahu-menahu tentang keris. (RDP hlm. 43 baris 7) 知 らないよ おれ あのクリスのことなんか なんにも 知 らないよ (PMO hlm. 55 baris 19) 89. Apa? Kau juga mengatakan aku yang telah membawanya ke dalam bilikmu? (RDP hlm. 43 baris 9 10) なんだって? 君 しゃべちゃったの? 君 んちへ おれがあれ 持 ってったことを (PMO hlm. 56 baris 2) 90. Dengan keris pemberianku itu kau akan menjadi ronggeng tenar? (RDP hlm. 43 baris 19) おれがやったクリスで 有 名 な 踊 り 子 になれるの?(PMO hlm. 56 baris 11) 91. Srin, kau dan aku sama-sama menjadi anak Dukuh Paruk yang yatim-piatu sejak kanakkanak. Kita senasib. Maka aku tak senang bila melihat kau celaka. Bila kau mati, aku merasa kehilangan seorang teman. Kau mengerti? (RDP hlm. 50 baris 19 22) スリン 君 もおれも 二 人 ともパルック 村 の 子 どもだし ちっちゃい 時 からみなし ごだった おれたち 同 じ 運 命 なのさ だからおれ ふしあわせな 君 を 見 たら 悲 しいよ もし 君 が 死 んだら だいじな 友 だちをなくしたって 思 うだろうな わか るかい?(PMO hlm. 66 baris 19 20) 92. Aku tak ingin melihat tempat tidur itu meski Kartareja memamerkannya buat semua orang. (RDP hlm. 54 baris 24 25) おれ あんなベッドなんか 見 たくないんだ カルタレェジャは みんなに 見 せ びらかそうとしてやがんだ (PMO hlm. 73 baris 10 11) 93. Yah, aku hanya ingin bertanya padamu: bagaimana perasaanmu menghadapi saat Sabtu malam itu? (RDP hlm. 55 baris 1 2) いやあ おれ ちょっと 訊 きたいんだけど どんな 気 持 ちなのさ もうすぐ 土 曜 日 の 夜 がくるけど (PMO hlm. 74 baris ke 3)

76 94. Selamanya aku takkan pernah mempunyai ringgit emas. Aku hanya mempunyai sebuah keris kecil warisan Ayah, dan satu-satunya milikku yang berharga itu telah kuserahkan padamu. Kini engkau pasti tahu aku tak mempunyai apa-apa lagi. Kau harus tahu hlm. itu, Srintil. (RDP hlm. 55 baris 23 27) いつまでだったって 金 貨 なんか ぜったい 持 ってる 筈 なんかないじゃないか! おれ とうさんの 形 見 の 小 っちゃいクリス 一 つしかないんだ そして 一 ばんだ いじな たった 一 つしかないその 宝 物 を 君 にやったんだよ 今 おれがもうな んにも 持 っていないことくらい 知 ってるはずだろ それくらいわかってくれな きゃ スリンテイル (PMO hlm. 75 baris 3 6) 95. Aku mengikutimu. (RDP hlm. 65 baris 8) おれ 後 からついてきたのさ (PMO hlm. 89 baris 15) 96. Tanganku kotor. (RDP hlm. 65 baris 35) おれの 手 汚 いんだ (PMO hlm. 90 baris 19) 97. Maafkan aku, Srin. Sungguh! Aku minta engkau jangan marah kepadaku. (RDP hlm. 67 baris 35 36) 許 してくれよ スリン ごめんね ほんとに!お 願 いだからおれのこと そんな におこんないでよ (PMO hlm. 93 baris 16) 98. Jangan terkejut. Aku Rasus. (RDP hlm. 76 baris 1) 驚 くんじゃないよ おれ ラススだ (PMO hlm. 106 baris 13) 99. He-he. Tetapi aku ingin mengulanginya. (RDP hlm. 88 baris 16) えへへへ おれ 何 回 でもやりたいな (PMO hlm. 126 baris 1) 100. Ah, tanpa pekasih pun orang akan senang tidur bersama Srintil. Maka aku bisa memahami bila Sulam rela kehilangan sebuah ringgit emas. (RDP hlm. 82 baris 8 10) いやいや, 惚 れ 薬 なんかなくたって 誰 だって 喜 んでスリンテイルと 一 緒 に 寝 る だろうさ だからおれ あのおぼこの 踊 り 子 を てめえらのものにしようと ス ラムが 気 前 よく 金 貨 を 投 げ 出 した 気 持 が よくわかるなあ (PMO hlm. 116 baris 10 12)

77 101. Nek, tadi malam aku bermimpi bertemu Ayah. Dalam mimpiku itu Ayah berpesan yang wanti-wanti harus kulakukan. (RDP hlm. 39 baris 26 27) ばあちゃん ゆうべね おれ とうさんの 夢 をみたんだよ 夢 の 中 でとうさん 何 回 もしつこく 言 ったんだ おれがやんなきゃなんないことをさ とうさんの 遺 言 だっていうんだけど (PMO hlm. 50 baris 12 13) 102. Aku Rasus, Nek. (RDP hlm. 103 baris 13) ばあちゃん おれ ラススだよ ラススなんだよ (PMO hlm. 148 baris 13) 103. Ya, Nek. Malam ini Nenek kutemani. Sekarang berbaringlah kembali. Ayo kubantu. (RDP hlm. 103 baris 19 20) そうだよ ばあちゃん おれ 今 晩 は ばあちゃんと 一 緒 にいるよ ほら また 横 になんなよ さあ おれが 手 伝 ってやるからさ (PMO hlm. 148 baris 19 20) Washi (わし わし) 104. Ah, Kang Sakarya. Aku tak lagi diperlukan kalau begitu. Bukankah Srintil sudah menjadi ronggeng sejak lahir? (RDP hlm. 16 baris ke 17 18) ああ なんちゅうこった サカリイヤさん それじゃもう わしなんかに 用 はな いんじゃないかね スリンテイルは 生 まれながらの 踊 り 子 だっちゅうことなん だろう?(PMO hlm. 14 baris ke 18 19) 105. Lho, ada apa? Kenapa badanku basah begini? Mengapa calung berhenti? (RDP hlm. 49 baris 17) ええっ なにがあったんかね?わしの 躰 は なんでこんなに 濡 れとるんだ?なん でチャルンをやめたんだ?(PMO hlm. 65 baris 5 6) 106. Alangkah malu bila sayembara bukak-klambu yang kuselenggarakan tidak berhasil. Siasialah tiga ekor kambing yang telah kujual. (RDP hlm. 58 baris 16 18) なんちゅう 恥 さらしなことだ もし わしが 計 画 したブカ クランブのコンテス トが 成 功 しなかったならば... 売 っばらった 山 羊 三 頭 は 全 部 むだになっちまう (PMO hlm. 79 baris 7 8) 107. Eh, sampean salah tangkap. Maksudku, Srintil benar-benar telah mendapat indang. Masakan sampean tidak menangkap maksudku ini. (RDP hlm. 16 baris ke 20 21)

78 なんだってそんな それは 誤 解 ちゅうもんですよ わしが 言 いたがったのは ス リンテイルが 本 当 にインダンをうけたっていう それだけでさあ まさかお 前 さ ん このわしの 言 い 分 が わからんのじゃないだろうね (PMO hlm. 15 baris ke 2 4) 108. Ya. Dan tentu sampean perlu memperhalus tarian Srintil. Cucuku tampaknya belum pintar melempar sampur. Nah, ada lagi yang penting; masalah rangkap tentu saja. Itu urusanmu, bukan? (RDP hlm. 16 baris ke 23 25 ) そうだよ そしてもちろんお 前 さんは スリンテイルの 踊 りに 磨 きをかける 大 切 なお 人 だ わしの 孫 サンプ ルもまだ 上 手 に 扱 えないし なあ 何 といっても もっと 大 事 なことがあるんだ もちろんあの ランカップ のことなんだが あ れはお 前 さんのお 役 目 だよ そうでしょうが (PMO hlm. 15 baris ke 6 8) 109. Eh, ya. Memang begitu. Kita yang tua-tua di pedukuhan ini tak ingin mati sebelum melihat Dukuh Paruk kembali seperti aslinya dulu. Bahkan aku takut arwah Ki Secamenggala akan menolakku di kubur bila aku tidak melestarikan ronggeng di pedukuhan ini. (RDP hlm. 16 baris ke 32 35 ) やあ そうだとも まったくその 踊 りだ わしらみたいな 村 の 年 寄 りは この 村 が 昔 とおりになるまでは 死 にたくないもんだ それだけじゃない わしがこの 村 に 踊 り 子 をちゃんと 残 して 行 かなんだら スチャムンガラ 翁 の 亡 霊 が 墓 の 中 で わしを 追 い 返 すんじゃないかと 怖 れとったんだよ (PMO hlm. 15 baris ke 14 16) 110. Waktunya besok malam. Engkau sudah tahu syarat yang kuminta, bukan? (RDP hlm. 58 baris 33 34) それはあすの 晩 だよ あんたはわしの 出 した 条 件 を とっくに 知 ってるんだろう ね?(PMO hlm. 80 baris 6) 111. Baiklah. Uang panjarmu kuterima. Tetapi besok malam kau harus datang membawa sebuah ringgit emas. kalau tidak, apa boleh buat. Kau kalah dan uang panjarmu hilang. Bagaimana? (RDP hlm. 59 baris 13 15) いいだろう あんたの 手 付 け 金 は わしが 受 け 取 っておくとしよう あすの 晩 に は 金 貨 を 持 ってこなければならんぞ もし 持 ってこられなければやむをえん あんたの 負 けだ 手 付 け 金 もなくすことになる どうするかね?(PMO hlm. 81 baris 2 4)

79 112. Kalau engkau berkeberatan, maka terserah. Silakan berpikir. Atau segera pulang ke Pecikalan selagi malam belum larut. Aku akan menunggu pemuda lain, beberapa orang yang akan segera tiba. (RDP hlm. 59 baris 20 22) もし それが 気 にくわんようなら 好 きなようにすりゃいいんだ 考 えてみるの もよし 夜 が 更 けてしまわぬちに さっさとプチカランへ 帰 るのもよし お 前 の 勝 手 だ わしはほかの 若 者 を 持 つとしよう そのうちに 何 人 かの 人 間 がやって くるだろうからな (PMO hlm. 81 baris 10 12) 113. Tetapi bagaimana juga kau tak bisa kuanggap telah mencukupi syarat yang telah kutentukan. Seekor kerbau dan dua buah rupiah perak tidak sama dengan ringgit emas. (RDP hlm. 70 baris 26 28) だがね とにかくあんたが わしの 決 めた 条 件 を 満 たしたと 認 めるわけにはいか んね 水 牛 一 頭 に 銀 貨 二 枚 これは 金 貨 一 枚 とまるっきり 同 じじゃないからな (PMO hlm. 97 baris ke 19 20) 114. Kecuali kau mau hanya menjadi cadangan. Bila sampai tengah malam nanti tak ada orang lain membawa ringgit emas kepadaku, maka kaulah pemenangnya. Kalau kau menolak, silakan terima kembali dua rupiah perak ini. Bawalah pula kerbaumu itu. (RDP hlm. 70 baris 32 35) ただしあんたが 補 欠 っていうことで 待 つつもりなら 話 は 別 だがね 今 夜 真 夜 中 までに わしのところに 金 貨 を 持 って 現 われる 人 間 がほかにいなければ あんたが 勝 だ 待 っているのがいやならば この 二 枚 の 銀 貨 はどうか 引 き 取 って おくれ あの 水 牛 も 連 れて 帰 るがいい (PMO hlm. 98 baris 6 8) 115. Kalian datang membawa persoalan ke rumah ini. Kalau kalian tidak ingin aku membatalkan rencana, beri kami kesempatan memecahkan persoalan itu. Hendaknya kalian mau diam sebentar di tempat masing-masing. Jangan mencoba bertengkar kembali. Aku hendak bermusyawarah sebentar di dalam. (RDP hlm. 73 baris 15 19) お 前 たちは この 家 に 問 題 を 持 ちこんできた もし わしが 今 夜 に 予 定 をとりや めるのを 望 まないのならば 問 題 を 解 決 する 時 間 をわしたちにくれないか しば らくの 間 お 前 たちはそれぞれの 席 で 黙 っていてほしいんだ 二 度 と 喧 嘩 なんか をしないようにな わしは 奥 でちょっと 話 し 合 ってこよう (PMO hlm. 102 baris 8 10)

80 116. Dan aku sanggup memberinya makan, karena aku sudah mempunyai padi sekarang. (RDP hlm. 104 baris 37 hlm. 105 baris 1) それにわしは ばあさんに 食 わしてやろうと 思 ってるんだ 米 が 今 手 もとにあ るから (PMO hlm. 151 baris 1 2) 117. Aku memang kakek Srintil. Tetapi dia tidak di sini lagi sekarang. (RDP hlm. 101 baris 8) わしは たしかに スリンテイルの 祖 父 です だが あの 子 は 今 ここにはおら んのです (PMO hlm. 145 baris 5) 118. Siapa yang akan mengurusiku bila aku sakit dan mati. (RDP hlm. 80 baris 24 25) わしが 病 気 になったり 死 ぬ 時 は お 前 だけが 頼 りなのに (PMO hlm. 113 baris 18) 119. Oalaaah, Santayib. Dua cucuku tergeletak karena makan bongkrekmu. Mereka akan segera mati. Hayo, bagaimana, Santayib? Aku minta tanggung jawab. Engkau utang nyawa padaku. Tolong cucu-cucuku sekarang. Hayo! (RDP hlm. 26 baris ke 24 26) どうしてくれるんだよ サンタユイブ! 孫 たち 二 人 お 前 のボンクレックを 食 べ て のびちゃったんだ あの 子 たち すぐに 死 んじまうよう サンタユイブ は やくなんとかしておくれ! 責 任 をとってもらうよ お 前 はわしの 孫 を 見 殺 しにす る 気 かい! 今 すぐ 孫 を 助 けてくれ さあ はやく!(PMO hlm. 30 baris ke 10 12) 120. Aku tak ingin berjualan kepadamu. Silakan pakai. Aku setiap saat berdiri di pinggir arena bila kau sedang menari. Engkau pasti tidak tahu, bukan? (RDP hlm. 82 baris 32 34) どうぞ 使 っておくれ わしは あんたに 商 売 するつもりなんかないんだよ あ んたが 踊 る 時 わしはいっつも 舞 台 のはしっこに 立 っとるんだよ たぶなんたは 気 づいておらんだろうがね (PMO hlm. 117 baris 12 13)

81 Lampiran 3: Referensi dari Internet Manifestations of Gender Distinction in the Japanese Language Copyright Alexander Schonfeld 1999, All Rights Reserved "ore" - a slightly too informal (almost vulgar, depending on intonation) sounding word used primarily by younger men informally to other men or girlfriends "jibun" - meaning literally "myself", is used to give a slightly "militaristic"/official sounding air to one's speech, used by military people and government officials "boku" - a boyish sounding version (used commonly by boys and even by college aged men for a cuter sound), never (until recently in some areas) used by women of any age "watashi" - used by men and women in formal speech, but only by women for informal speech, used by a man in informal speech it sounds effeminate "atashi" - cuter version of "watashi" used only by women, informal/childish/innocent sounding "watakushi" - used by men and women for polite formal speech (at work, for example) http://www.coolest.com/jpfm.htm diakses pada tanggal 25 April 2008 pukul 14:35 Gender differences in spoken Japanese Words for "I" or "me" Male or female 私, わたし watashi 私, わたく し 自 分, じぶ ん うち One's own name Female watakushi jibun uchi polite. Used more frequently by women, so men may sound feminine using this frequently outside of formal situations. polite when used by both men and women; more formal than watashi. Generally preferred by men over "watashi". used by both men and women. used by both men and women in some circumstances, especially when speaking of home and/or family, and also by young girls used by men and women but more frequently by women. Greater frequency of usage connotes femininity. あたし atashi young girls, women, homosexual men expressing femininity; soft, feminine あたく し あたい atakushi formal form of atashi; women, mostly in formal situations atai more recently characteristic of the Tokyo "downtown" dialect; distinctly rough

82 Male 僕, ぼく boku boys and young men, fairly casual; recently used by some girls. In songs, used by both sexes. 俺, おれ ore 儂, わし washi old men 我 輩, 吾 輩 俺 様, お れさま informal form for men and boys, homosexual women expressing masculinity; distinctly masculine, sometimes vulgar wagahai archaic, somewhat boastful masculine oresama pompous; boys, men 我, 吾 ware men, may sound old. http://en.wikipedia.org/wiki/gender_differences_in_spoken_japanese diakses pada tanggal 25 April 2008 pukul 15:32 Japanese pronouns Romaji Hiragana Kanji Level of Gender Notes speech watashi わたし 私 formal both わて wate in the Kansai dialect. watakushi わたくし 私 very formal both The most formal polite version. ware われ 我 very formal both waga わが 我 が very formal both Means "my" or "our". Used in speeches and formalities; 我 が 社 wagasha (our company) or 我 が 国 wagakuni (our country). ore おれ 俺 informal men Meaning "I". Frequently used by men. It can be seen as rude depending on the situation. Establishes a sense of masculinity. Used with peers or those younger or of lesser status, indicating one's own status. Among close friends or family, its usage is a sign of familiarity rather than masculinity or superiority. Also meaning "I". Used in giving a sense of casual deference, uses the same

83 boku ぼく 僕 informal men and boys rarely women washi わし 儂 old men Colloquial. kanji for servant ( 僕 shimobe), especially a male one, from a Sino- Japanese word. atai あたい 私 very informal women Slang version of あたし atashi. atashi あたし informal women Often considered cute. Rarely used in written language, but common in conversation, especially among younger women. atakushi あたくし formal women uchi うち 家 informal mostly young girls Means one's own. Often used in the Kansai and Kyūshū dialects. Uses the same kanji for house ( 家 uchi). (own name) informal Used by small children, considered cute. oira おいら informal Similar to 俺, but more casual. May give off sense of more country ora おら used by children bumpkin. Considered cute, as a child's version of "ore." Also is a regional standard to use as "watashi" http://en.wikipedia.org/wiki/japanese_pronouns diakses pada tanggal 25 April 2008 pukul 15:34

84 RIWAYAT HIDUP AJENG ROSITA KUSUMASTUTI, lahir di Jakarta, 5 November 1986, adalah anak terakhir dari dua bersaudara pasangan suami istri Turyono dan Sri Widarsih. Ia memperoleh pendidikan dasar dan menengahnya di Bekasi dan mendapat ijazah Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bekasi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial pada tahun 2004. Ia melanjutkan studi di Program Studi Jepang, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, dari tahun 2004 2008, hingga memperoleh gelar Sarjana Humaniora dengan skripsi yang berjudul Analisis Penerjemahan Pronomina Persona Pertama Tunggal Bahasa Indonesia dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk ke dalam Bahasa Jepang. Ajeng sangat menyukai membaca novel. Beberapa novel yang menjadi favoritnya adalah seri kenangan Nh. Dini dan seri Gajah Mada dari Langit Kresna Hariadi. Inspirasi terbesar dalam hidupnya berasal dari Andrea Hirata, penulis tetralogi Laskar Pelangi yang dinobatkan menjadi tokoh perubahan 2007 versi Republika. Gadis yang terobsesi dengan tokoh Arai dan Ikal dalam tetralogi Laskar Pelangi ini berencana untuk napak tilas menelusuri jejak Andrea Hirata menuju Belitong. Setelah lulus dari perguruan tinggi, ia berencana untuk melanjutkan studi ke jenjang magister dan mengambil bidang psikologi anak, kebudayaan Jawa, atau desain interior di luar negeri.