Onimusha: Warlord, Onimusha 2: Samurai s Destiny, Onimusha 3: Demon Siege, Samurai Warriors dan Kessen 3 sebagai data penelitian. Teknik penelitian ya

Similar documents
ABSTRAK Analisis Fungsi dan Makna Verba Utsu dan Tataku dalam kalimat Bahasa Jepang Skripsi ini membahas tentang fungsi dan makna verba Utsu dan Tatak

Microsoft Word

metode deskriptif analisis dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta- fakta yang kemudian dianalisis. Berdasarkan penelitian kepustakaan yang telah

ini pembahasan difokuskan pada tema, penokohan, dan alur. Dalam komik One Piece episode penyelamatan Ace ini menceritakan tentang kisah penyelamatan b

細田守作 時をかける少女 における 時 の分析 序論日本のことわざに 時は金なり という言葉がある 時 というものはお金と同様に貴重であるから 無駄に使わないでよく励まなければいけない ということである つまり 日本の社会における 時 は非常に価値があるものである 本論文は アニメ 時をかける少女

江戸時代 に凧ができるだけ所有し 和紙の価格は非常に高 価なので 飛行機族が使用した Parade layang-layang Jepang diadakan setiap tanggal 5 Mei. がつ 5 5 日本の凧の祭りは 5 月 にち日に毎年開催 まいとしかいさいさ

Satuan Acara Perkuliahan

江 戸 時 代 に 凧 ができるだけ 所 有 し 和 紙 の 価 格 は 非 常 に 高 価 なので 飛 行 機 族 が 使 用 した Parade layang-layang Jepang diadakan setiap tanggal 5 Mei. がつ 5 5 日 本 の

-2-6. Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 18 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Minera

日本語の文における 変, おかしい, 変わる の類義語の分析 1. 序論 言語は地球上に住むすべての人が使用するコミュニケーションツー ルであり 様々な特性を持っている 言語の特徴の一つは 言語は普遍的 である 例として 言語には全ての単語において 類語あるいは類義語が ある Badudu(1987

ABSTRAK

様式第一(第一条関係)

序論 日本語には助詞という品詞があり 助詞は文中で語の働きを示す意味をもつため 助詞の使用が重要である 助詞は様々あり その一つには接続助詞がある Tomita Takayuki (1998:68) によると 接続助詞は文の節と節を接続する助詞で 主に用言に付く この研究は接続助詞としてテ形とシを解

S_C0551 _ _Abstract

S_C0551_060807_Abstract

要旨 アクバル アヤダナ 2014 年 KANINDO に翻訳されたケイオンアニメ映画の敬称訳 ブラウィジャヤ大学日本語学科 指導教員 :(I) ナディヤ インダ シャルタンティ (II) デウィ プスピタサリ キーワード : 敬称 翻訳 翻訳の方法 翻訳の手法 翻訳の等価 翻訳は比較文化を中心に実

PENSYARAH

THE USE OF HANGMAN GUESSING WORD IN IMPROVING THE MASTER OF JAPANESE VOCABULARY (THE EXPERIMENTAL STUDIES OF 10 th GRADE STUDENTS AT SMA PGRI 1 BANDUN

JAPANEDU, Vol. 1, No. 1, April 2016 CORELATION BETWEEN READING SELECTIVE STRATEGIES WITH READING COMPREHENSION TEXT JAPANESE SKILL (Descriptive Method

Gambar 5.Cake Green Tea And Cheese Roll Gambar 6.Cake Triple Choco Roll Gambar 7.Cake Jungle Wild Roll Gambar 8.Cake Watermelon Roll

第4課

民話によると 口の中の波の宝玉を使って 竜は水を自由に操ることができる 神龍はドラゴンボールというアニメの不死身な竜である 神龍は鹿の角 鋭い牙 緑の皮 赤い瞳 手足に四つの指 蛇のような長い身体 ( 尻尾の長さは身体の四分の三位 ) 長い髯 長い口先 みかづきの形している鼻 緑の鬣を持っている 竜

JAPANEDU, Vol. 1, No. 1, Juni 2016 A LEARNING MODEL WHICH USE POWER POINT TO DEVELOP JAPANESE BASIC GRAMMAR (Research On First Grade of Japanese Mayor

Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa terhadap Penggunaan Jodoushi ~Souda dan ~Rashii sebagai Denbun No Hyougen ABSTRAK Kania Srirahayu Penelit

MEMORIZING VOCABULARY LEARNING MODEL USING MATCHING GAME (Experimental Studies on Nihongo Kurabu s Students of SMAN 15 Bandung) ABSTRACT In the Japane

芥川龍之介の 鼻 芋粥 袈裟と盛遠 短編小説の主人公の自己概念 1. 序論時代の文学は時代の状態や現象を示す 例えば スマルジョの意見のように (Sumardjo, 1999 :1) 時代に生きる人々の性格 問題 願い 苦労 希望は作品から見える 芥川龍之介は有名な日本短編小説作家の一つであった 彼

スライド 1

JAPANEDU, Vol. 1, No. 1, April 2016 MODEL LISTEN READ DISCUSS (LRD) IN DOKKAI LEARNING ELIZA FAUZIA SHIRATH,, Departemen Pendidikan Bahasa Jepang Faku

Objek penelitian dalam skripsi ini adalah pos polisi di Indonesia (dalam hal ini penulis melakukan penelitian langsung pada beberapa pos polisi yang a

FENOMENA HATSUNE MIKU DI JEPANG SEBAGAI POPULAR CULTURE SKRIPSI Diajukan Kepada Universitas Brawijaya untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan dalam Memp

災はマグニチュード 7.2 である マグニチュード 7.0 の地震は立っていることができない 強い建物でもかたむいたり こわれたりする 大きい地われ 地すべりが起こり 土地の形がかわる 1923 年の関東大震災では日本人はまだ災害対応できず 損害が多かった そして 日本人は関東大震災から災害対応を学

penelitian dengan cara menggumpulkan, meneliti data dari buku-buku referensi serta data sumber lainnya seperti buku pelajaran, novel, kamus dan hasil


JAPANEDU, Vol. 1, No. 1, April 2016 THE USE OF CHAINED STORY TECNIQUES WITH PICTURES AS THE MEDIA FOR JAPANESE SPEAKING SKILL EDUCATION Gati Intan Tam

BAB 1

Manga OTHELLO karya Satomi Ikezawa banyak menandakan adanya pola interaksi sosial yang terjadi di dalam komunitas cosplay. Hal yang paling menonjol da

JAPANEDU, Vol. 1, No. 1, Juni 2016 AN ANALYSIS ON FOCUSING KATAKANA ENGLISH LOANWOARDS WRITING ERRORS OF JAPANESE STUDENT IN INDONESIA UNIVERSITY OF E

Itachi: jurusnya sudah kusiapkan. Jurus mata pamungkas yang dapat menentukan takdir!! Izanami!! Itachi: Bila Izanagi adalah jutsu yang bisa mengubah t

"Miyazaki City" into the Google search box. Some of images revealed the city landscape, that Miyazaki was a modern and quiet city. A moment later, I t

Microsoft Word - PERMOHONAN PERMIT MENGAJAR.doc

mencegah mereka dalam berbuat sewenang-wenang, kesopanan yang berkenaan dengan prilaku yang pantas kepada orang lain, kesungguhan agar para samurai ti

Iwai bagi orang yang berusia 66 tahun (Gareki), usia 70 tahun (Kouki), usia 88 (Maiju), dan usia 99 (Hakuju). Kematian diartikan sebagai suatu keadaan

1-1 環境省へのアンケート内容

JAPANEDU, Vol. 1, No. 1, April 2016 Expression Patterns Learning Materials Model That Found In Stereopony s Japan Song Lyrics (Study Of Basic-Intermed


PEMBERITAUAN

v THE EFFECTIVENESS OF COOPERATIVE LEARNING INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) APPLICATION IN IMPROVING JAPANESE VOCABULARY (Experimental research toward Sec

Microsoft Word JPLampiran001.doc

DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL... i HALAMAN PENGESAHAN... ii HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS... iii PERNYATAAN PUBLIKASI SKRIPSI...iv KATA PENGANTAR... v DA

1. Nama Mata Kuliah : Bunpo 1 2. Kode Mata Kuliah : JEP. 3. Bobot Mata Kuliah : 2 SKS I. Identitas Mata Kuliah 4. Jenis Mata Kuliah : Mata Kuliah Bida

INVESTOR Investor from Japan, DSJ Holding Inc. meet Riau Governor and Vice Governor, Thursday (2/11). They expressed to interest in process EFB and OP

Anjuran Bilingual Mengapa bagus jika menguasai dua Bahasa? Bilingual adalah orang yang menguasai dua bahasa. Dibandingkan dengan monolingual yang hany

Slide 1

3. Verba shikaru digunakan untuk menunjukkan perasaan marah kepada seseorang untuk memperingatkan kesalahan yang dilakukan. 親は子供が悪さをするのをる (

JAPANEDU, Vol. 1, No. 1, Juni 2016 THE ANALYSIS OF THE PRONOUNCIATION ERRORS TSU IN JAPANESE BY THE NATIVE INDONESIAN SPEAKER Rahmawati Eka Pratiwi, A

JAPANEDU, Vol. 1, No. 1, Juni 2016 THE USE OF DIALECT KANSAI ON EPISODE 651 OF DETECTIVE CONAN Aulia Raversa, Ahmad Dahidi 1, Noviyanti Aneros 2 Depar

インドネシアと米国の二国間貿易は増加を示した 2013 年にインドネシアと米国の二国間貿易は USD28 兆に到達するために前年比 4.89% の増加となりました 同じ年に インドネシアには 最大 USD9.7 兆の黒字を楽しんだ 特に非石油製品のため 米国へのインドネシアの輸出は 2013 年に

脱退一時金請求書 日本から出国される外国人のみなさまへ Indonesia 脱退一時金は 次のすべての条件に該当するときに請求することができます 国民年金 厚生年金保険又は共済組合の被保険者資格を喪失し 日本に住所を有しなくなった日 から 2 年以内に請求する必要があります 1 日本国籍を有していな

ANALISIS SOSIOLOGI KEHIDUPAN PENARI KELILING DALAM CERPEN IZU NO ODORIKO KARYA KAWABATA YASUNARI せいかつ さくひんしょうせつたびげいにんカワバタ ヤスナリの作品の "Izu No Odoriko という

こむにかし KOMUNIKASI I J PT. INDUSTRIAL SUPPORT SERVICES INDONESIA Mei 2019 No Website : 1 tel. (021

Microsoft Word - tsunami_Jepang-3.doc

BULLETIN No. PT.KITO-SM PT. KITO INDONESIA Service & Maintenance Lifting Expectations

dinding ( kakejiku ), bunga ( chabana ), dan mangkuk keramik yang sesuai dengan musim dan status tamu yang diundang. Teh bukan cuma dituang dengan air

DICTATION METHOD FOR IMPROVING THE WRITING AND READING ABILITY OF HIRAGANA (Class X Students of SMA Negeri 14 Bandung School Year 2013/2014) Dita Sart

つうやく通訳 PENERJEMAH かていほうもん こじんめんだん 家庭訪問 個人面談で にほんご はな 日本語がよく話せないとき つうやく き 通訳に来てもらえることがあります *4-2 まず通訳のことです 家庭訪問や個人面談 また そのほかの 子どもの教育のことについて 日本語があまりできなくて

が多く残っている明治時代の考え方や習慣が続いていた 封建的な社会は儒教の考えを中心にして 法律や様々な社会のしきたりが作られた そのため 女性の教育は良妻賢母主義の教育であり 教育は家父長制の社会を支えるためであった 1945 年 第二次世界大戦が終わって 新しい日本の法律や考え方ができた 女性の社

~ 目 次 ~ Daftar Isi はじめに Pendahuluan 第 1 部 Bagian 1 第 1 章 企 業 文 化 日 本 企 業 文 化 とは 何 か Bab1 Apakah yang dimaksud Budaya Perusahaan, dan Budaya Perusahaan

JAPANEDU, Vol. 1, No. 1, April 2016 USES OF BOOK MEDIA CHOUKAI GA YOWAI ANATA E TO IMPROVE CHOUKAI SKILLS (Quasi Experimental Method for Third Grade S

hasil dari tumbuhan padi yang yang dibawah masuk oleh bangsa yang bermigrasi dari luar masuk ke Jepang dan Toraja. Padi merupakan tanaman yang menghas

Juli 2017 No Website : 2 日イ比較文化考 Perbandingan budaya antara Indonesia Jepang 職場における日本人上司とインドネシア人

BAHASA JEPUN 1 BBJ2401

Walaubagaimanapun, ada beberapa kenyataan yang mengatakan bahawa perbezaan-perbezaan di antara dua bahasa bukan sebab utama hingga berlakunya kesilapa

Oktober 2017 No Website : 2 日イ比較文化考 Perbandingan budaya antara Indonesia Jepang 職場における日本人上司とインドネ

ABSTRAK Wijayanti, Annetta Hisokuonbin Verba Yodan ~ra dalam Kyōgenki Seihen. Program Studi Sastra Jepang, Universitas Brawijaya. Pembimbing :

Slide 1

E. Uraian Materi Pert. Tujuan Perkuliahan Pokok Bahasan dan Sub-Pokok Bahasan Sumber 1 Mahasiswa memahami Silabus MK Jitsuyou Kaiwa I dan aturan perku

< 契約条項 /Agreements/Perjanjian> 借主の都合で本契約を 1 年未満で解約した時は損害金として敷金のうちより 1 か月分は返還しない If the renter cancels the contract within less than a year depending o

こむにかし KOMUNIKASI I J PT. INDUSTRIAL SUPPORT SERVICES INDONESIA Oktober 2019 No Website : 1 tel.

PROPOSAL SKRIPSI

C. Sub Capaian Pembelajaran 1. Memahami dan menerapkan teknik membaca menurut teori model bottom up 2. Mampu memahami proses membaca dalam pembelajara

Sarjani, Penelitian tentang persyaratan dan Kekhususan Kalimat Pasif dalam Bahasa Jepang dan Perbandingannya dalam Bahasa Indonesia kata ganti orang k

Microsoft Word - [ ]_Abstract_TOC.docx

Microsoft Word - cover.doc

Agustus 2017 No Website : 2 日イ比較文化考 Perbandingan budaya antara Indonesia Jepang 職場における日本人上司とインドネ

JAPANESE FOR NURSE

merupakan istilah yang digunakan dalam tato tradisional Jepang.Tato tradisional Jepang biasanya terletak pada lengan, bahu dan punggung. Proses pentat

梗概 序論筆者はこの論文で ぬらりひょんの孫 というアニメを通して妖怪に関する姿を分析する まんが ぬらりひょんの孫 はしばしいひろしが 2007 年に作られた 2010 年に ぬらりひょんの孫 のアニメは日本で放送する このアニメは水木しげるの人気があるアニメ ゲゲゲの鬼太郎 という同じ妖怪のテー

Sinopsis

2 日イ比較文化考 Perbandingan budaya antara Indonesia Jepang 職場における日本人上司とインドネシア人との意見の食い違い その食い違いの原因をインドネシアと日本との文化の違いに求める人が多いようです 果たしてそうでしょうか ここでは 問題になりそうなインド

Maret 2017 No Website : 2 日イ比較文化考 Perbandingan budaya antara Indonesia Jepang 職場における日本人上司とインドネシア

B. Capaian Pembelajaran 1. Menguasai teori kaidah-kaidah bahasa Jepang sampai tingkat madya atau setara dengan N3 Nihongo Nouryoku Shiken (JLPT); 2. M

しょうがっこう いちねん いちがっき 1 学期 4 月 5 月 6 月 7 月 しぎょうしき始業式 UPACARA AWAL SEMESTER BARU *3b-3 まず 1 学期 1 学期は4 月から7 月までです 始業式です 学期の始まりの式です 校長先生のお話を聞いたり 新しいクラスの担任の先

プレスリリース 広報センター Gd. I Lt. 2, Jl. M.I Ridwan Rais No. 5, Jakarta Telp: /Fax: 終了した 2013 年 APEC サミットは 1994

日本 : そうですね 日本男児たるもの 寡黙な美徳と武士道にもありますし ( ヘタリア Axis Powers 第三十六話 00:01) ヘタリア Axis Powers 第三十八話は指切りの事を語る 指切りは日本式の約束の仕方である ヘタリア World Series 第三話はじゃんけんの事を語る

ClassNK テクニカル インフォメーション No. TEC-0967 なお 本件に関してご不明な点は 以下の部署にお問い合わせください [ 政府指示に関するお問合せ ] 一般財団法人日本海事協会 (ClassNK) 本部管理センター国際室住所 : 東京都千代田区紀尾井町 4-7( 郵便番号 10

<4D F736F F D B4B96F15F8B ED293AF88D38E968D DC58F49816A E646F6378>

DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL... i HALAMAN PENGESAHAN... ii HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS... iii PERNYATAAN PUBLIKASI SKRIPSI... iv KATA PENGANTAR... v D

インドネシア言語と文化 Bahasa dan Budaya: Jurnal Himpunan Pengkaji Indonesia Seluruh Jepang 第 20 号 (2014 年 ) 目次 テーマ論文 インドネシア語会話の授業について (Pikirkan Kembali Kelas Pe


それは Lutfi が自分の認定の国からのバイヤーを招待するためには 商業省との間の良好な協力 インドネシア共和国および世界中その代表者 ( 大使館 総領事館 商業アタッシェ インドネシア貿易振興センター ) の外務省から分離することができませんでした認識されている いくつかの製品は家の装飾品 農産

Transcription:

ANALISIS KARAKTER ODA NOBUNAGA DALAM LIMA GAME SEJARAH 序論 Video game merupakan salah satu budaya pop Jepang yang banyak disenangi oleh segala kaum. Dewasa ini, video game menggunakan banyak tema yang dapat dimainkan. Seperti cerita rakyat, cerita fantasi dan termasuk juga sejarah. Baik sejarah negara barat atau sejarah Jepang. Dalam game sejarah Jepang, Oda Nobunaga seringkali muncul menjadi salah satu tokoh. Entah tokoh antagonis maupun tokoh prontagonis. Oda Nobunaga adalah salah satu shogun paling terkenal dalam zaman sengoku. Oda Nobunaga terkenal karena kekejaman dan keambisiusannya. Oda Nobunaga lahir pada tanggal 23 juni 1534 dengan nama Kipposhi. Oda Nobunaga sudah terlibat perang saat usianya masih 7 tahun dan kemudian mulai melancarkan usahanya untuk mempersatukan Jepang pada umur 33 tahun, Oda Nobunaga meninggal saat umur 47 tahun karena dikhianati oleh pengikutnya yaitu Akechi Mitsuhide. Dalam beberapa game yang bertemakan sejarah Jepang, Oda Nobunaga seringkali mendapatkan peran sebagai orang yang kuat, pintar namun kejam. Karena hal ini, penulis ingin menganalisis tentang karakter Oda Nobunaga yang ada di dalam game. Penulis akan menggunakan lima game yang bertemakan sejarah Jepang yaitu

Onimusha: Warlord, Onimusha 2: Samurai s Destiny, Onimusha 3: Demon Siege, Samurai Warriors dan Kessen 3 sebagai data penelitian. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik studi kepustakaan dan studi lapangan. Hal ini sesuai dengan tujuan peneltian ini yaitu untuk memahami karakter Oda Nobunaga yang ada dalam game berdasarkan sumber-sumber literatur sejarah. 本論 Oda Nobunaga dalam Onimusha: Warlord jarang terlihat karena game ini merupakan awal cerita dari serial game Onimusha selanjutnya. Game ini menceritakan usaha Samanosuke untuk menyelamatkan putri Yuki. Oda Nobunaga dalam game ini digambarkan sebagai sosok yang ambisius dan kejam. Contohnya adalah Oda Nobunaga akan meminum darah putri Yuki untuk memperkuat dirinya. Lalu, Oda Nobunaga memberikan manusia sebagai makanan genma untuk memperkuat pasukan genmanya demi mewujudkan ambisinya untuk menguasai dunia. Genma adalah sebutan untuk monster dalam game ini. Onimusha 2: Samurai s Destiny menceritakan tentang pembalasan dendam Jubei Yagyuu terhadap Oda Nobunaga karena Oda Nobunaga telah menghancurkan desa Yagyuu. Onimusha 2: Samurai s Destiny masih menggambarkan Oda Nobunaga sebagai sosok yang kejam, jahat dan ambisius. Namun, kesan itu diperkuat dalam game ini. Contoh kekejaman dan ambisiusnya Oda Nobunaga terlihat pada awal game saat Oda Nobunaga menyerang desa Yagyu. Desa tersebut habis terbakar dan

penduduknya dibantai tanpa ampun, bahkan sampai anak kecil juga dibunuhnya. Hal ini dilakukan Oda Nobunaga karena Oda Nobunaga merasa klan Yagyu menghalangi jalannya untuk menguasai dunia. Onimusha 3: Demon Siege menceritakan tentang usaha Samanosuke dan seorang warga Prancis, Jacques Blanc, untuk mengalahkan Oda Nobunaga. Onimusha 3: Demon Siege juga menggambarkan Oda Nobunaga sebagai sosok yang kuat dan ambisius. Untuk mewujudkan ambisinya, Oda Nobunaga sampai menyerang Prancis 500 tahun kemudian dan membunuh para penduduk Prancis. Contoh kuatnya Oda Nobunaga adalah saat pertarungan terkahir melawan Oda Nobunaga, harus dikalahkan beberapa kali sampai akhirnya benar-benar kalah. Sisi puitis Oda Nobunaga juga dimunculkan yaitu saat Oda Nobunaga menyebut Samanosuke sebagai Pemilik kekuatan iblis daripada namanya. Dalam Game Samurai Warriors, Oda Nobunaga digambarkan lebih manusiawi daripada dalam seri game Onimusha. Oda Nobunaga digambarkan sebagai sosok yang kuat, kejam dan ambisius. Seperti saat Oda Nobunaga dapat mengalahkan beberapa orang sekaligus dan saat Oda Nobunaga membantai sebuah desa karena menghalangi jalannya untuk menguasai Jepang. Namun dibalik itu semua, Oda Nobunaga juga digambarkan sebagai seseorang yang puitis dan pintar. Contohnya adalah Oda Nobunaga sering melantunkan puisi. Dalam game ini, Oda Nobunaga juga digambarkan sebagai sosok yang dihormati oleh pengikutnya, bahkan oleh Akechi Mitsuhide yang telah mengkhianatinya.

Kessen 3 menceritakan tentang kehidupan Oda Nobunaga dari saat Oda Nobunaga masih muda sampai pengkhianatan Akechi Mitsuhide. Kessen 3 memberikan sedikit perbedaan dalam penggambaran Oda Nobunaga. Oda Nobunaga dalam game ini digambarkan sebagai seseorang yang baik hati, menyenangkan, ekspresif dan menilai orang dari kemampuannya. Seperti pada saat Oda Nobunaga mau membeli semua benda yang dijual oleh Toukichirou dan juga Oda Nobunaga menerima seorang pembunuh, yang ditentang para bawahannya, karena kemampuannya. Oda Nobunaga juga digambarkan sangat kuat dan pintar serta memiliki rasa ingin tahu yang besar dalam game ini. Ditunjukan saat Oda Nobunaga mempelajari tentang dunia dari beberapa orang misionaris dari negara Portugal. Dari kelima game ini, terdapat kesamaan dalam penggambaran Oda Nobunaga secara visual. Oda Nobunaga selalu menggunakan baju perang khas negara Eropa. Selalu ada jubah yang menghiasi baju perangnya itu. Bahkan, senjata yang digunakannya juga bukan katana yang merupakan pedang khas Jepang, melainkan pedang khas negara Eropa. Sosok yang gagah juga selalu tergambar melalui penggambaran visual dari lima game ini. 結論 Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Oda Nobunaga selalu digambarkan sebagai sosok yang kuat, ambisius, kejam dan

menyukai hal-hal yang berhubungan dengan negara barat. Beberapa game juga menggambarkan Oda Nobunaga sebagai sosok yang pintar dan puitis. Hal lain yang dapat disimpulkan adalah pemberian karakter kepada Oda Nobunaga dalam game tidak sekedar karangan belaka. Pemberian karakter Oda Nobunaga dipengaruhi oleh catatan sejarah serta mitos-mitos yang tesebar pada masyarakat jepang.

日本の歴史をテーマにした五本のテレビゲームにおける織田信長 の性格分析 序論 だれたのひとテレビゲームは 誰にでも楽しまれているポップカルチャーの一つである さいきんおおたとむかしばなし最近 テレビーゲームは多くをテーマにしている 例えば 昔話やファン れきしれきしれきしにほんれきしタジー 歴史などである 歴史はヨーロッパの歴史や日本の歴史である にほんれきしなかおだのぶながでじんぶつ日本の歴史をテーマにしたゲームの中で 織田信長はよく出てくる人物の ひとりじんぶつわるじんぶつで一人である いい人物としてまた悪い人物として出てくる おだのぶながせんごくじだいゆうめいしょうぐんひとりおだのぶなが織田信長は戦国時代でもっとも有名な将軍の一人である 織田信長は ざんこくやしんてきじんぶつゆうめいおだのぶながねんがつにちう残酷で野心的な人物として有名である 織田信長は 1534 年 7 月 23 日に生まれ なづおだのぶながななさいいくささんかさんじゅうさんきっぽしと名付けられた 織田信長は七歳からすでに戦に参加し 三十三 さいときにほんとういつよんじゅうななさい歳の時に日本を統一しようとし 四十七歳のとき 家臣明智光秀 なで亡くなった かしんあけちみつひでうらぎの裏切り にほんれきしなかざんこくつよあたま日本の歴史をテーマにしたゲームの中で 残酷ではあるが 強くて頭が じんぶつかほんけんきゅうなかでいい人物として描かれている そこで 本研究ではゲームの中に出てくる おだのぶながせいかくぶんせきかんがにほんれきし織田信長の性格を分析しようと考えた 研究データとして日本の歴史をテ ごほんおにむしゃおにむしゃ 2 おにむしゃーマにした五本のゲーム すなわち 鬼武者 鬼武者 2 鬼武者 3 せんごくむそうけっせんけんきゅうもちぶんけん 3 戦国無双 決戦 III を研究データとして用いた また文献 イ

とおぶんせきおこなけんきゅうもくてきれきしぶんがくンターネット ゲームを通して分析を行った この研究の目的は歴史文学 もとでおだのぶながせいかくりかいを基にしてゲームに出てくる織田信長の性格を理解することである 本論 おにむしゃおだのぶながおにむしゃ 鬼武者 の織田信長 : このゲームは 鬼武者 ゲームシリーズの だいいっさくめおだのぶながしょうぐんで第一作目のため 織田信長は将軍としてたまに出てくる このゲームのス さまのすけゆきひめたすでトーリーは左馬之助が雪姫を助けようとするのである このゲームに出てく おだのぶながやしんてきざんこくじんぶつかたとじぶんきょうかる織田信長は野心的で残酷な人物として描かれている 例えば 自分を強化 ゆきひめちのせかいせいふくやしんじつげんするため 雪姫の血を飲みたくて また 世界征服の野心を実現するため にんげんげんまえさちていおくこじぶんげんまへいきょうかげんま 人間を幻魔の餌として地底に送り込み 自分の幻魔兵を強化する 幻魔 でよなとは このゲームに出てくるモンスターの呼び名である おにむしゃおだのぶながおだのぶながやぎゅうむら 鬼武者 2 の織田信長 : このゲームのストーリーでは織田信長は柳生村 はかいやぎゅうじゅべいおだのぶながふくしゅうを破壊しますから 柳生樹米は織田信長に復讐するのである このゲーム おだのぶながざんこくわるやしんてきじんぶつかではまだ織田信長は 残酷で悪く野心的な人物として描かれている この せいかくなかつよあらわたとおだのぶながざんこく性格はこのゲームの中でより強く表れている 例えば 織田信長の残酷で やしんてき野心的な性格 せいかくやぎゅうは 柳生 むらこうげき村を攻撃するゲームの序盤 じょばんに見 みむらようしゃられる その村を容赦 やむらびとこどもころやぎゅうぞくせかいせいふくさまたなく焼きつくし 村人と子供を殺している 柳生族が世界征服を妨げると かんおだのぶなが感じた織田信長がしたことである

おにむしゃおだのぶながさまのすけ 鬼武者 3 の織田信長 : このゲームのストーリーは左馬之助とフランス じんおだのぶながたお人のジャックエス ブランク (Jacques Blanc) が織田信長を倒そうとするの おだのぶながつよやしんてきじんぶつかである このゲームでも織田信長は強く野心的な人物として描かれている おだのぶながやしんじつげんねんごこうげき織田信長は野心を実現するために ワープして 500 年後のフランスまで攻撃 じだいじゅうにんころおだのぶながつよする そして その時代のフランスの住人を殺している 織田信長の強さ れいおだのぶながてきたいさいごいくささまのすけおだのぶながの例として 織田信長に敵対し最後まで戦をした左馬之助は 織田信長が かんぱいなんかいうかおだのぶながさまのすけ完敗するまで何回も打ち勝たなければならなかった 織田信長は左馬之助を おにちからもよしてきめんあらわ 鬼の力を持つもの と呼び 詩的な面も表している せんごくむそうおだのぶながおにむしゃ 戦国無双 の織田信長 : このゲームでは 鬼武者 シリーズより おだのぶながにんげんてきかおだのぶながつよざんこくやしんてきじんぶつ織田信長は人間的に描かれている 織田信長は強く残酷で野心的な人物とし かおだのぶながいちどすうにんうかにほんせいふくて描かれている 織田信長は一度に数人に打ち勝つことができ 日本征服を さまたひとむらはかいぎゃくしじんあたま妨げる一つの村を破壊した その逆に このゲームでは詩人で頭がよい じんぶつかれいおだのぶながしよ人物として描かれている 例として織田信長はよく詩を詠む このゲームの なかおだのぶながのちあなどかしんあけちみつひでそんけいじんぶつか中で 織田信長は後に侮られる家臣の明智光秀に尊敬される人物として描 かれている けっせんおだのぶながわかときあけちみつひでうらぎか 決戦 III の織田信長: 織田信長の若い時から明智光秀の裏切りまで描い ものがたりけっせんおだのぶながかかたすこちがた物語である 決戦 3 では織田信長の描かれ方は少し違っている この でおだのぶながしんせつおもしろひょうげんりょくさいのうひょうかゲームに出てくる織田信長は親切で面白く表現力があり才能を評価される じんぶつかおだのぶながとうきちろううものか人物として描かれている 織田信長は藤吉郎が売っていた物をすべて買い

かしんはんたいおきまえしょうぐんころむほんにんひうまた家臣の反対を押し切って前の将軍を殺した謀反人を引き受けた そし なかおだのぶながつよあたまこうきしんつよじんぶつて このゲームの中で織田信長はとても強く頭がよく好奇心が強い人物と かおだのぶながすうにんせんきょうしせかいして描かれている 織田信長は数人のポルトガルの宣教師から世界について まなあ学んだと明かされている ごほんてきおだのぶながかかたおなこの五本のゲームからビジュアル的に織田信長の描かれ方は同じところも おだのぶながいくさときなんばんよろいみつうえある 織田信長は戦の時南蛮鎧を身に着けている そして マントを上か ぶきにほんかたなようけんつからはおっている 武器も 日本の刀ではなく 洋剣を使っている この ごほんとおどうどうじんぶつか五本のゲームではビジュアルを通していつも堂々とした人物として描かれて いる 結論 ぶんせきけっかおだのぶながつよやしんてきざんこく分析した結果 織田信長はいつも強く 野心的で 残酷で またヨーロッ かんけいこのじんぶつかけつろんたっパと関係するものを好んだ人物として描かれているという結論に達した い あたましじんかほかけっかくつかのゲームでは頭がよく詩人としても描かれている また他の結果と おだのぶながせいかくつくばなしけつろんたっして織田信長の性格はすべてが作り話ではないという結論にも達した おだのぶながせいかくれきしてきしりょうにほんこくみんつたしでん織田信長の性格は歴史的資料や日本国民に伝わる史伝によるものもある

DAFTAR ISI Kata Pengantar...i Daftar isi...iv Bab 1 Pendahuluan 1.1 Latar Belakang Masalah 1 1.2 Pembatasan Masalah..5 1.3 Tujuan Penelitian...5 1.4 Pendekatan 5 1.5 Organisasi Penelitian.8 Bab 2 Oda Nobunaga 2.1 Sejarah kehidupan Oda Nobunaga..10 2.2 Karakteristik dari Oda Nobunaga 2.2.1 Pemarah dan Ambisius 16 2.2.2 Pintar 17 2.2.3 Puitis 18 2.2.4 Kesukaannya terhadap hal-hal dari barat.19 2.2.5 Adil..20 2.3 Oda Nobunaga dalam 漫画 2.3.1 Sengoku...21 2.3.2 Samurai Deeper Kyo...22 2.3.3 Tsuchi no Shippo.24

2.3.4 Flame of Recca 25 Bab 3 Analisis Karakter Oda Nobunaga dalam Game 3.1 Onimusha: Warlord 3.1.1 Jalan Cerita..28 3.1.2 Karakter Oda Nobunaga dalam Onimusha: Warlord..28 3.1.3 Penggambaran Secara Visual..31 3.2 Onimusha 2: Samurai Destiny 3.2.1 Jalan Cerita..32 3.2.2 Karakter Oda Nobunaga dalam Onimusha 2: Samurai s Destiny.33 3.2.3 Penggambaran Secara Visual..35 3.3 Onimusha 3: Demon Siege 3.3.1 Jalan Cerita..36 3.3.2 Karakter Oda Nobunaga dalam Onimusha 3: Demon Siege...37 3.3.3 Penggambaran Secara Visual..39 3.4 Samurai Warriors 3.4.1 Jalan Cerita.40 3.4.2 Karakter Oda Nobunaga dalam Samurai Warriors 41 3.4.3 Penggambaran Secara Visual 46 3.5 Kessen 3 3.5.1 Jalan Cerita 47

3.5.2 Oda Nobunaga dalam Kessen 3...49 3.5.3 Penggambaran Secara Visual..53 Bab 4 Kesimpulan 56 Daftar Pustaka...vii